Dakwah Bil Hal di TKQ-TPQ Baitul Khuffadz Al-Hidayah dalam Membentuk Akhlakul Karimah pada Anak Usia Dini
Daftar Isi:
- Dakwah berarti seruan kepada kebaikan atau mengajak manusia menuju jalan yang diridai oleh Allah SWT. Dakwah dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, salah satunya melalui tindakan nyata atau yang disebut dengan dakwah bil hal. Dakwah bil hal menjadi salah satu metode yang diterapkan oleh para pengajar di TKQ-TPQ Baitul Khuffadz Al-hidayah dalam upaya membentuk akhlakul karimah pada anak usia dini. Untuk memperdalam dan menghasilkan penelitian yang relevan, maka penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana dakwah bil hal yang diterapkan para pengajar di TKQ-TPQ Baitul Khuffadz Al-Hidayah dalam membentuk akhlakul karimah pada anak usia dini? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah bil hal dalam membentuk akhlakul karimah pada anak usia dini?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui dakwah bil hal yang diterapkan para pengajar di TKQ�TPQ Baitul Khuffadz Al-Hidayah dalam membentuk akhlakul karimah pada anak usia dini. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dakwah bil hal dalam membentuk akhlakul karimah pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana proses dan hasil penelitian akan diuraikan secara rinci berdasarkan hasil data dan informasi yang didapatkan oleh peneliti selama di lapangan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa 1) Dakwah bil hal para pengajar di TKQ-TPQ Baitul Khuffadz Al-Hidayah diterapkan melalui keteladanan-keteladanan, diantaranya keteladanan dalam hal beribadah, keteladanan dalam bersosialisasi, keteladanan dalam berperilaku, dan keteladanan dalam hal berpakaian. 2) Faktor pendukung dakwah bil hal yang diterapkan para pengajar di TKQ-TPQ Baitul Khuffadz Al-Hidayah diantaranya kemampuan para pengajar, dukungan orang tua, fasilitas sekolah, dan sifat alamiah dari anak usia dini. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor internal pada anak, lingkungan, dan teknologi.