Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran moral reasoning dan inquiry terhadap hasil belajar aqidah akhlak pada santri kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional sebab akibat dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1 yang berjumlah 371 siswa. Sedangkan sampel penelitian yaitu sebanyak 55 siswa dengan teknik pengambiln sampel menggunakan metode Proportional stratified random sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan angket (test) untuk variable X1, X2 dan Laporan Hasil Belajar/Raport untuk variabel Y. Sebelum instrument digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba kepada 30 santri kelas 3 MTs Daar el-Qolam 1 untuk mengetahui validitas dan reabelitas instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi model pembelajaran moral reasoning dan inquiry, maka semakin baik hasil belajar akidah akhlak santri kelas 3 MTs, begitu juga sebaliknya.. Model Pembelajaran Moral reasoning dan Inquiry mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar aqidah akhlak. Hasil belajar aqidah akhlak dapat dijelaskan oleh variabel model pembelajaran Moral reasoning dan Inquiry yang masing-masing memiliki sebesar 58,7% dan 41,3%.