Analisis SWOT Poduk Siswakoe (Studi Kasus PT Asuransi Umum Syariah Bumiputera Muda Serang)
Daftar Isi:
- Perubahan lingkungan sekitar adalah suatu keadaan yang sangat sulit diramalkan, diperkirakan serta dipastikan pada masa yang akan tiba. Perusahaan tidak terlepas dari berbagai macam perubahan, yang bersumber dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Strategi untuk menghadapi lingkungan Ekternal dapat di tetapkan dengan mengetahui apa yang menjadi ancaman (Threats) serta apa yang menjadi peluang (Opportunities) bagi perusahaan. Maka analisis lingkungan Internal perlu di lakukan guna mengetahui apa yang sebagai kekuatan (Strengths) dan apa yang sebagai kelemahan (Weakness) dari perusahaan. Dengan merumuskan strategi pemasaran dan kebijakan perusahaan dengan metode analisis SWOT, dengan analisis terhadap kekuatan (strength), kelemahan (wekness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Apa saja faktor internal pada produk Siswakoe? 2) Apa saja faktor internal pada produk Siswakoe 3) Bagaimana analisis SWOT produk Siswakoe PT. Asuransi Umum Syariah Bumiputera Muda Serang? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis apa saja faktor internal. 2) Untuk menganalisis apa saja faktor eksternal pada produk Siswakoe. 3) Untuk menganalisis SWOT terhadap produk Siswakoe PT. Asuransi Umum Syariah Bumiputera Muda Serang. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif Deskritif. Teknik data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan penelitian kepustakaan. Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE dan Matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT pada produk siswakoe menunjukan bahwasannya produk Siswakoe sangat kuat dan mampu merespon ancaman. Dimana faktor internal yang menggunakan matriks IFE diperoleh skor total sebesar 3,03, dan faktor eksteranl yang menggunakan matriks EFE diperoleh skor total 3,09. Berdasarkan dari dua nilai tersebut produk Siswakoe PT. Asuransi Umum Syariah Bumiputera Muda Serang pada posisi sel I (satu) yaitu grow (berkembang) and build (membangun) yang menunjukan perusahaan sedang bertumbuh. Strategi yang sesuai dan dapat direkomdasi kepada produk Siswakoe saat ini adalah strategi penetrasi pasar, dan strategi pengembangan produk.