Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Peningkatan Mutu Kinerja Guru (Studi Deskriptif di Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang)
Daftar Isi:
- Tesis ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus serta menerapkan triangulasi data. Objek penelitian tesis ini adalah madrasah ibtidaiyah yang berada di Kecamatan Labuan yaitu Madrasah Ibtidaiyah Annizhomiyyah, Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Teluk dan Madrasah Ibtidaiyah Az Zahra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam peningkatan mutu kinerja guru di madrasah ibtidaiyah yang berada di Kecamatan Labuan. Masalah dalam kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu kinerja guru di madrasah ibtidaiyah wilayak Kecamatan Labuan adalah 1) belum maksimalnya pelaksanan supervisi pembelajaran; 2) terbatasnya ruang kelas untuk proses pembelajaran; dan 3) belum maksimalnya pelaksanaan penilaian kinerja guru (PKG); 4) belum maksimalnya kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB); 5) belum mampu berbagi hasil dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepada teman sejawat; 6) masih adanya guru yang kurang menguasai IT; dan 7) belum terlihatnya dampak dari mengikuti pelatihan baik dari kinerjanya maupun dari peningkatan prestasi peserta didik. Hasil pengelolaan kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu kinerja guru di madrasah ibtidaiyah wilayah Kecamatan Labuan adalah 1) maksimlanya proses pembelajaran walaupun diamas pandemi covid-19; 2) teratasinya kelemahan dan kekurangan guru dalam proses pembelajaran online; 3) guru memahami dan kompeten dalam melaksanakan tugas dan fungsunya sebagai guru; 4) meningkatnya kompetensi dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran; 5) sebagian guru mengikuti kegiatan pelatihan dan webinar secara online melalui zoom meeting; dan 6) semu guru PNS dilakukan PKG.