Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pelaksanaan pelatihan penyusunan lembar kerja peserta didik (LKPD) bagi guru dan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan lembar kerja peserta didik sendiri dalam program pelatihan penyusunan lembar kerja peserta didik (LKPD) bagi guru di Madrasah Tsanawiyah Masarratul Mutta’alimin Banten Lama. Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan penggunaan LKPD dari luar sekolah yang tidak sesuai dengan kurikulum yang digunakan serta kurangnya kemampuan guru dalam menyusun lembar kerja peserta didik sendiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode participatory action research (PAR) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, kuisioner (angket), observasi partisipatif moderat, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam pelatihan ini adalah guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Masarratul Mutta’alimin Banten Lama. Penelitian ini menggunakan teknis analis data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) yang disusun guru bersama peneliti selama kurang lebih satu bulan. Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini dibagi menjadi tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pelatihan. Kegiatan pelatihan ini memberikan pengalaman dan menambah serta meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun lembar kerja peserta didik (LKPD) sendiri yang disesuaikan dengan kurikulum dan kondisi siswa di kelas