Daftar Isi:
  • Kepala madrasah adalah salah satu orang yang bertanggung jawab dan memastikan berjalannya proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas berjalan dengan baik, dan bukan hanya proses belajar mengajar saja yang akan diperhatikan kepala madrasah, akan tetapi masih banyak kegiatan lainnya dan kualitas maupun kuantitas madrasah harus juga diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepala madrasah dalam pembentukan karakter siswa, dimana peranan kepala madrsah tersebut akan menjadikan siswanya memiliki karakter yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan�persoalan suatu fenomena atau peristiwa dari objek yang diteliti. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan kepala madrasah dalam pembentukan karakter siswa sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa sendiri, dilihat dari salah satu peran kepala madrasah yaitu peran supervise, kepala madrasah mensupervisi langsung ke kelas-kelas memastikan para tenaga pendidik mengajar dengan sesuai rpp yang didalamnya sudah tersusun Pendidikan karakter, dan masih banyak lagi peranan kepala madrasah yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Selain dari kepala madrasah sendiri, dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan juga bertanggungjawab terhadap pembentukan karakter siswa, sehingga terlihat sekarang siswa-siswa di MA Al�Rahmah memiliki karakter yang baik, contohnya ketika mereka bertemu sesama, atau yang lebih tua, mereka memberlakukan 5S, senyum, sapa, salam, sopan, santun. Hal tersebut tidak akan terlaksana tanpa adanya peranan kepala madrasah dalam pembentukan karakter siswa