PENGARUH PREFERENSI KEAGAMAAN TERHADAP PEMILIHAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA NASABAH BSI KCP SERANG CIKANDE 2 TAHUN 2021)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Serang Cikande 2. Variabel yang diteliti yaitu preferensi keagamaan (X) dan Pemilihan Produk Perbankan Syariah (Y). Perumusan masalah dalam penelitan ini yaitu 1.) Apakah ada pengaruh preferensi keagamaan terhadap pemilihan produk perbankan syariah pada nasabah BSI KCP Serang Cikande 2 Tahun 2021? 2.) Seberapa besar pengaruh preferensi keagamaan terhadap pemilihan produk perbankan syariah pada nasabah BSI KCP Serang Cikande 2 Tahun 2021?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1.) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh preferensi keagamaan terhadap pemilihan produk perbankan syariah pada nasabah BSI KCP Serang Cikande 2 Tahun 2021. 2.) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh preferensi keagamaan terhadap pemilihan produk perbankan syariah pada nasabah BSI KCP Serang Cikande 2 Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi. Metode uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas dan uji heteroskedasitas, serta menggunakan uji statistik diantaranya uji t dua sisi karena diduga ada pengaruh preferensi keagamaan terhadap pemilihan produk perbankan syariah, dan uji kpefisien determinasi. Kesimpulannya pengujian hipotesis preferensi keagaaman memperoleh nilai t hitung > t tabel (16.697 > 1.984) yang artinya terdapat pengaruh positif antara preferensi keagamaan terhadap pemilihan produk perbankan syariah pada nasabah BSI KCP Serang Cikande 2. Dan hasil analisis regresi diketahui persamaannya Y = 5.729 + 0.863. Nilai R sebesar 0.860 yang berarti hubungan antara preferensi keagamaan dan pemilihan produk perbankan syariah kuat. Nilai dari R Square yaitu 0.740 atau 74.0% yang artinya pengaruh preferensi keagamaan terhadap pemilihan produk perbankan syariah pada nasabah BSI KCP Serang Cikande 2 yaitu sebesar 74.0%.