Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Juz Amma QS An-Naba melalui Penerapan Metode Kauny Quantum Memory pada Siswa Kelas VIII-A di MTs Miftahul Huda Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi metode menghafal dan rendahnya minat siswa. Penelitian memiliki rumusan masalah yaitu Bagaimana penerapan metode kauny quantum memory pada siswa kelas VIII-A? dan Bagaimana peningkatan hafalan Al-Quran juz amma QS An- Naba pada siswa kelas VIII-A?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode kauny quantum memory pada siswa kelas VIII-A dan untuk mengetahui peningkatan hafalan Al-Quran juz amma QS An-Naba pada siswa kelas VIII-A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan kesimpulan ini adalah penerapan metode kauny quantum memory memberikan hasil yang menyenangkan dan berjalan lancar. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi guru dan siswa. Pada siklus 1 skor observasi guru dan siswa yaitu 78% dari skor maksimal 100%, siklus 2 skor observasi guru dan siswa yaitu 99% dari skor maksimal 100%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus 1 dan 2 serta termasuk kategori baik sekali, peningkatan hasil belajar nilai siswa siklus 1 diperoleh nilai rata-rata yaitu 74 sebanyak 20 siswa yang tuntas sehingga ketuntasan belajarnya yaitu 55% dari 36 siswa. Selanjutnya siklus 2 diperoleh nilai rata-rata yaitu 84 sebanyak 34 siswa yang tuntas sehingga ketuntasan belajarnya yaitu 99% dari 36 siswa.