Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dalam pembinaan kompetensi TIK guru PAI SMA di Kota Serang serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kompetensi TIK guru PAI SMA di Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta melakukan wawancara kepada 21 guru-guru PAI SMA di Kota Serang. Berdasarkan dari hasil pra-penelitian dan hasil penelitian yang dikemukakan oleh Sibarani bahwa kompetensi guru Kota Serang lebih rendah dari kota-kota lain yang ada di Provinsi Banten, dari hasil temuan yang didapatkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan MGMP PAI dalam pembinaan kompetensi TIK guru PAI SMA di Kota Serang belum maksimal memberikan pelatihan TIK sehingga kompetensi TIK guru PAI SMA di Kota Serang masih rendah, bahkan tidak sedikit guru-guru yang hanya mengandalkan cara konvensional untuk mengajar serta guru-guru PAI SMA di Kota Serang masih merasa tidak mampu untuk memanfaatkan TIK dengan baik, dan hal tersebut membuat guru-guru PAI melakukan pelatihan secara mandiri (otodidak).