Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Penggunaan Teknik Peringkasan Teks di Kelas V SDN Kasunyatan Kecamatan Kasemen
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan penggunaan teknik peringkasan teks di Kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kasunyatan Kecamatan Kasemen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kasunyatan yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) observasi kegiatan , 2) tes kemampuan membaca pemahaman, 3) dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan pada setiap indikator kemampuan membaca pemahaman, dalam Siklus I pada indikator 1 siswa yang mencapai keberhasilan hanya 18 siswa kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 28 siswa. Dalam Siklus I pada indikator 2, siswa yang mencapai keberhasilan sebanyak 16 siswa kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 30 siswa. Dalam Siklus I pada indikator 3, siswa yang mencapai keberhasilan sebanyak 14 siswa kemudian pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 34 siswa. Kemudian dalam Siklus I pada indikator 4, siswa yang mencapai keberhasilan sebanyak 24 siswa, pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 33 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan teknik peringkasan teks dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa.