STRATEGI COPING STRESS DAN KECEMASAN PADA IBU DAN ANAK DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARINGDI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KUALITATIF DI BANTEN
Main Authors: | Nadhirah, Yahdinil Firda, Rustiawan, Hafid, Firdaus, Naufal |
---|---|
Format: | Book NonPeerReviewed |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Media Madani
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/8777/1/hasil%20penelitian%20Strategi%20coping%20stress...2021.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/8777/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui kondisi ibu dan anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di provinsi Banten, 2) Untuk mengetahui strategi coping stress ibu dan anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di provinsi Banten. 3) Untuk mengetahui kecemasan ibu dan anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah 25 orang ibu dan anak (usia 8-15 tahun) yang berada tinggal di provinsi Banten. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Kondisi ibu dan anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di provinsi Banten sangat mengkhawatirkan. Karena walaupun sebagian besar anak menyatakan senang belajar di rumah, namun sebagian besar pula mengatakan tidak faham sebagian besar apa yang mereka sedang pelajari. Dan kondisi ibu sudah banyak yang pasrah dengan kondisi seperti ini karena para ibu (yang menjadi narasumber) sudah tidak tahu harus berbuat apalagi. Ccoping stress ibu dan anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di provinsi Banten.Cara ibu mengatasistres yang mereka hadapi adalah dengan mengomeli, memarahi anak, bahkan ada yang sampai viii memukulnya, dan banyak pula yang meminta bantuan melalui media social seperti google dan lainnya juga bahkan meminta kakak atau saudara untuk membantu menyelesaikan dan mendampingi anak belajar. Kecemasan ibu dan anak dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 di provinsi Banten. Kecemasan para ibu sudah sangat tinggi karena anak lebih banyak bermain Handphone daripada belajara pelajaran mereka, dan para ibu sudah tidak bias mendampingi mereka secara optimal karena masalah pelajaran yang mereka juga tidak fahami.