Strategi Bisnis Bengkel Sepeda Motor Dalam Perspektif Bisnis Sya’riah (Studi Kasus Pada Bengkel Aerul Motor Sport Balaraja)
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara langsung ke lapangan untuk menggali dan memperoleh data yang berkenaan dengan masalah yang penulis teliti. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi bisnis yang dilakukan oleh bengkel Aerul Motor Sport, untuk mengetahui kendala yang dialami oleh bengkel Aerul Motor Sport, dan juga untuk mengetahui prilaku bisnis tersebut dalam perspektif bisnis syari’ah. Melalui teknik analisis kualitatif, penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut : Pertama: strategi yang dijalankan oleh bengkel Aerul Motor Sport ada 8 yaitu menyediakan suku cadang, memasang spanduk, memberikan pelayanan jasa servis sepeda motor dengan sebaik-baiknya, mempunyai 2 karyawan yang handal, bekerja lebih keras dengan cekatan, menetapkan harga diawal, interaksi tatap muka, dan menerapkan garansi servis, Kedua: kendala yang dialami oleh bengkel Aerul motor sport adalah kadang-kadang sulit dalam mendapatkan modal mendapatkan modal, ada beberapa pelanggan yang meminta harga yang sangat murah, dan kurangnya tenaga kerja mekanik. Ketiga: perilaku bisnis bengkel Aerul motor sport yaitu jujur, memberi kemudahan, ramah, tidak menjelekan bisnis orang lain, tetap beribadah meskipun sibuk, membayar upah, bisnis dilakukan dengan sukarela, bersih dari riba, rajin, murah senyum, amanah, dan memenuhi akad dan janji.