Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan perkalian dasar menggunakan media permianan congklak matika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan di setiap siklus terdapat atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, proyek dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut di tunjukkan dengan nilai rata-rata pra siklus yaitu 50,62, siklus I dengan nilai rata-rata 60, dan siklus II terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 71,25. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media permainan congklak matika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian dasar pada siswa kelas III MI Tarbiyatul Mubtadiin.