PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA 5 SAMPAI 6 TAHUN DI PAUD BKB HI MANGGIS KECAMATAN PADARINCANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak usia 5 sampai 6 tahun di PAUD BKB HI Manggis kecamatan padarincang. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyak anak yang tidak disiplin ketika di sekolah dan tidak mematuhi peraturan tata tertib di sekolah dan masih ada guru yang tidak disiplin ketika di sekolah sehingga anak dapat mencontoh perilaku guru tersebut, kurang tegasnya guru dalam menegur dan memerintahkan anak untuk berbuat disiplin ketika di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah guru, peserta didik dan kepala sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian data dalam penelitian ini adalah SWOT. Hasil dari penelitian yang ditemui yaitu: 1) peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak usia 5 sampai 6 tahun di PAUD BKB HI Manggis sudah dilaksanakan dengan baik. Tetapi, kurangnya komunikasi antara guru dan orang tua dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak yang disampaikan kepada orang tua untuk membiasakan disiplin di rumah dan orang tua dapat mendampingi dan mengawasi anak untuk disiplin di rumah setiap hari. Strategi guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak usia 5 sampai 6 tahun di PAUD BKB HI Manggis Desa Kramatlaban Kecamatan Padarincang sejauh ini sudah cukup efektif, namun kurangnya model pembelajaran serta sarana dan prasarana dalam mengembangkan karakter disiplin pada anak masih kurang sehingga anak merasa bosan dan anak akan melakukan sikap tidak disiplin ketika di sekolah dan tidak termotivasinya anak dalam melakukan disiplin di sekolah. 2) kekuatan dan faktor pendukung seperti adanya tata tertib di sekolah bagi guru dan murid, adanya teladan yang baik dalam mengembangkan karakter disiplin, menanamkan karakter disiplin dengan cara yang menyenangkan. Faktor penghambat yaitu lingkungan sekitar yang kurang mendukung untuk pengembangan karakter disiplin pada anak dan orang tua yang tidak tahu cara menanamkan disiplin pada anak dengan baik sehingga membuat anak kurang disiplin