Tingkat pemahaman guru terhadap Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (kualitatif deskriptif studi di SD Ardaniah)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap metode role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Ardaniah; 2) untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi pemahaman guru tentang konsep metode role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Ardaniah. Penelitian ini dilakukan pada SD Ardaniah Kota Serang. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru kelas 4,5 dan 6 yang berjumlah 6 orang. Instrument penelitian ini menggunakana lembar observasi, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, pengetahuan guru dalam konsep metode role playing sebagian guru mengetahui pada konsep metode role playing, artinya guru di SD Ardaniah setengahnya mampu memahami pada konsep metode role playing tersebut, dan factor-faktor yang dipengaruhi oleh guru SD Ardaniah dalam memahami konsep metode role playing adalah kesulitan dalam menghadapi perbedaan individu peserta didik, memilih topik masalah dalam bermain peran, banyak alasan siswa untuk behalangan hadir, kurangnya keseriusan dalam mengekspresikan karakter tokoh yang diperankan, kesulitan dalam menentukan materi yang cocok dengan peserta didik, kesulitan dalam memilih metode yang sesuai dengan materi pembelajaran