Pengembangan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Menentukan Lambang Bilangan (R&D Pada Kelas II Di SD Negeri Serang 13 Serang-Banten)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui produk kartu bilangan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menentukan lambang bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan: hasil rekapitulasi uji kelayakan produk kartu bilangan. Pada hasil ahli media memperoleh skor 4,47 dan validasi dari ahli materi memperoleh skor 4.73 skor rata-rata dari keseluruhan validasi adalah 4,59 dari rentan 1-5 dan termasuk kategori “Sangat Baik”. Dengan begitu produk media kartu bilangan sudah layak digunakan. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa dalam menentukan lambang bilangan mengalami peningkatan setelah menggunakan kartu bilangan. Dari hasil uji coba sebelum menggunakan media kartu bilangan memperoleh skor rata-rata 73, setelah menggunakan produk media kartu bilangan memperoleh skor rata-rata 100, dengan begitu produk kartu bilangan sudah layak digunakan. Setelah menggunakan produk kartu bilangan diharapkan dapat memfasilitasi siswa maupun guru sekolah dasar dalam pembelajaran matematika di kelas II SD.