Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients terhadap Minat Beli Produk HNI HPAI di Kota Serang
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan salah satu Negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam cenderung menganggap bahwa semua produk yang beredar adalah produk halal. Hal ini membuat pengecekan label halal pada suatu produk yang akan dikonsumsi belum menjadi prioritas. Selain itu, konsumen Muslim saat ini cenderung mengikuti trand dan sebatas khasiat ketika hendak mengkonsumsi suatu produk. Islamic branding merupakan brand yang di dalamnya terkandung prinsip-prinsip Islam. Product ingredients sama pentingnya, karena halal tidaknya suatu produk salah satunya dapat diketahui melalui bahan-bahan produknya. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh Islamic branding terhadap minat beli? Bagaimana pengaruh product ingredients terhadap minat beli? Bagaimana pengaruh Islamic branding dan product ingredients terhadap minat beli produk HNI HPAI di Kota Serang? Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh Islamic branding terhadap minat beli, untuk mengetahui bagaimana pengaruh product ingredients terhadap minat beli, untuk mengetahui bagaimana pengaruh Islamic branding dan product ingredients terhadap minat beli produk HNI HPAI di Kota Serang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesionel melalui google form, populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu konsumen produk HNI HPAI pada BC 2 HPAI Kota Serang. Metode analisis data yang digunakan meliputi Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis, Uji Analisis Regresi Linear Berganda dan Uji Koefisien Determinasi dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Islamic branding dan product ingredients secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Hal ini dapat dilihat pada nilai thitung 7,067 > ttabel 2,00665 (X1), thitung 4,213 > ttabel 2,00665 (X2) dan masing-masing nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel Islamic branding dan product ingredients secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hal ini dapat dilihat pada nilai Fhitung 80,108 > Ftabel 3,18 nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil R2 sebesar 0,755 yang berarti kontribusi pengaruh Islamic branding dan product ingredients terhadap minat beli berpengaruh sebesar 75,5%, sedangkan sisanya 24,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.