Daftar Isi:
  • Mamas Masliyani (2021) “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Baros”. Dibimbing oleh bapak Dr. Supardi, M.Pd., Ph.D. dan bapak Juhji, M.Pd., di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Tujuan proses pendidikan ialah mengembangkan potensi peserta didik. Dalam hal ini, guru yang merupakan ujung tombak harus melaksanakan proses pendidikan dengan baik, dan kepemimpinan kepala sekolah yang merupakan indikator yang sangat berpengaruh dalam peningkatan kinerja guru yang kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Baros. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, serta dalam pengumpulan data menggunakan kusioner (angket), dengan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang positif antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan kinerja guru di SMA Negeri 1 Baros sebesar 71,23% dan sisanya 28,77% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini.