Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang
ctrlnum |
7995 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/</relation><title>Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah
Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten
Serang</title><creator>Octafiani, Tubagus</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><description>Tubagus Octafiani. 161250060. 2020. Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah
Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten
Serang .
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya jumlah kepala sekolah yang
menyadari akan peran serta tanggung jawabnya sebagai supervisor yaitu untuk
mensupervisi kinerja para pegawainya salah satunya tenaga pendidik dimana
supervisinya yaitu supervisi klinis, atas kurangnya peran kepala sekolah dalam
mensupervisi klinis yang kurang maksimal sehingga mengakibatkan rendahnya
suatu mutu pembelajaran guru salah satunya Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan
supervisi klinis kepala Sekolah, bagaimana mutu pembelajaran guru dan
bagaimana pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu
pembelajaran guru pada MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.
Adapun tujuannya untuk Mendeskripsikan kegiatan supervisi klinis kepala
sekolah, mendeskripsikan mutu pembelajaran guru dan menganalisis pengaruh
supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran guru pada
MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden
diambil dari semua populasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif
dan inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean,
modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan
analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Hasil penelitian, Pertama, menunjukan tingkat supervisi klinis kepala
sekolah lebih dominan pada penilaian sangat baik mencapai 89,00%. Kedua,
tingkat mutu pembelajaran siswa lebih dominan tergolong kategori baik sebesar
76,83%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi supervisi klinis
kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran siswa sebesar 30%. Dan koefisien
korelasi 0,55 artinya pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu
pembelajaran guru pada taraf yang cukup berarti.</description><date>2022-01-18</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Octafiani, Tubagus (2022) Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>7995</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Octafiani, Tubagus |
title |
Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah
Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten
Serang |
publishDate |
2022 |
topic |
2x7.3 Pendidikan |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7995/ |
contents |
Tubagus Octafiani. 161250060. 2020. Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah
Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten
Serang .
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya jumlah kepala sekolah yang
menyadari akan peran serta tanggung jawabnya sebagai supervisor yaitu untuk
mensupervisi kinerja para pegawainya salah satunya tenaga pendidik dimana
supervisinya yaitu supervisi klinis, atas kurangnya peran kepala sekolah dalam
mensupervisi klinis yang kurang maksimal sehingga mengakibatkan rendahnya
suatu mutu pembelajaran guru salah satunya Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan
supervisi klinis kepala Sekolah, bagaimana mutu pembelajaran guru dan
bagaimana pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu
pembelajaran guru pada MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.
Adapun tujuannya untuk Mendeskripsikan kegiatan supervisi klinis kepala
sekolah, mendeskripsikan mutu pembelajaran guru dan menganalisis pengaruh
supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran guru pada
MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden
diambil dari semua populasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif
dan inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean,
modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan
analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Hasil penelitian, Pertama, menunjukan tingkat supervisi klinis kepala
sekolah lebih dominan pada penilaian sangat baik mencapai 89,00%. Kedua,
tingkat mutu pembelajaran siswa lebih dominan tergolong kategori baik sebesar
76,83%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi supervisi klinis
kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran siswa sebesar 30%. Dan koefisien
korelasi 0,55 artinya pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu
pembelajaran guru pada taraf yang cukup berarti. |
id |
IOS3645.7995 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2023-04-14T02:29:27Z |
last_indexed |
2023-04-14T02:29:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163657142992896 |
score |
17.538404 |