ctrlnum 7995
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/</relation><title>Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah&#xD; Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten&#xD; Serang</title><creator>Octafiani, Tubagus</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><description>Tubagus Octafiani. 161250060. 2020. Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah&#xD; Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten&#xD; Serang .&#xD; Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya jumlah kepala sekolah yang&#xD; menyadari akan peran serta tanggung jawabnya sebagai supervisor yaitu untuk&#xD; mensupervisi kinerja para pegawainya salah satunya tenaga pendidik dimana&#xD; supervisinya yaitu supervisi klinis, atas kurangnya peran kepala sekolah dalam&#xD; mensupervisi klinis yang kurang maksimal sehingga mengakibatkan rendahnya&#xD; suatu mutu pembelajaran guru salah satunya Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan&#xD; supervisi klinis kepala Sekolah, bagaimana mutu pembelajaran guru dan&#xD; bagaimana pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu&#xD; pembelajaran guru pada MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.&#xD; Adapun tujuannya untuk Mendeskripsikan kegiatan supervisi klinis kepala&#xD; sekolah, mendeskripsikan mutu pembelajaran guru dan menganalisis pengaruh&#xD; supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran guru pada&#xD; MTs Negeri 3 Kabupaten Serang.&#xD; Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.&#xD; Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden&#xD; diambil dari semua populasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif&#xD; dan inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean,&#xD; modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan&#xD; analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi.&#xD; Hasil penelitian, Pertama, menunjukan tingkat supervisi klinis kepala&#xD; sekolah lebih dominan pada penilaian sangat baik mencapai 89,00%. Kedua,&#xD; tingkat mutu pembelajaran siswa lebih dominan tergolong kategori baik sebesar&#xD; 76,83%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi supervisi klinis&#xD; kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran siswa sebesar 30%. Dan koefisien&#xD; korelasi 0,55 artinya pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu&#xD; pembelajaran guru pada taraf yang cukup berarti.</description><date>2022-01-18</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/1/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7995/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Octafiani, Tubagus (2022) Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>7995</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Octafiani, Tubagus
title Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang
publishDate 2022
topic 2x7.3 Pendidikan
url http://repository.uinbanten.ac.id/7995/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7995/
contents Tubagus Octafiani. 161250060. 2020. Pengaruh Supervisi Klinis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang . Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya jumlah kepala sekolah yang menyadari akan peran serta tanggung jawabnya sebagai supervisor yaitu untuk mensupervisi kinerja para pegawainya salah satunya tenaga pendidik dimana supervisinya yaitu supervisi klinis, atas kurangnya peran kepala sekolah dalam mensupervisi klinis yang kurang maksimal sehingga mengakibatkan rendahnya suatu mutu pembelajaran guru salah satunya Di MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kegiatan supervisi klinis kepala Sekolah, bagaimana mutu pembelajaran guru dan bagaimana pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran guru pada MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Adapun tujuannya untuk Mendeskripsikan kegiatan supervisi klinis kepala sekolah, mendeskripsikan mutu pembelajaran guru dan menganalisis pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran guru pada MTs Negeri 3 Kabupaten Serang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden diambil dari semua populasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian, Pertama, menunjukan tingkat supervisi klinis kepala sekolah lebih dominan pada penilaian sangat baik mencapai 89,00%. Kedua, tingkat mutu pembelajaran siswa lebih dominan tergolong kategori baik sebesar 76,83%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran siswa sebesar 30%. Dan koefisien korelasi 0,55 artinya pengaruh supervisi klinis kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran guru pada taraf yang cukup berarti.
id IOS3645.7995
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:29:27Z
last_indexed 2023-04-14T02:29:27Z
recordtype dc
_version_ 1765163657142992896
score 17.538404