Pengembangan strategi pembelajaran every one is a teachere here dengan media vlog pada pembelajaran PAI studi di SMA dan SMK Malnu Pusat Menes
Daftar Isi:
- Nina maryani 182120177 Pengembangan strategi pembelajaran every one is a teachere here dengan media vlog pada pembelajaran PAI studi di SMA dan SMK Malnu Menes Tesis program studi Pasca Sarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Strategi dan media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Sebagai tenaga pendidik guru diharapkan dapat menguasai strategi dan media pembelajaran inovatif yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. Media pembelajaran kreatif dan inovatif saat ini merupakan bagian dari perkembangan multimedia, sehingga pada penerapanya melibatkan media elektronik. Dalam penelitian ini Peneliti mengembangkan vlog sebagai media pada pembelajaran PAI dengan materi Meneladani Perjuang Dakwah Rasululllah Periode Madinah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan vlog yang digabungkan dengan strategi pembelajaran every one is a teacher here sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan ADDIE dari Robert Maribu Brunc. Kelayakan produk dilakukan dengan beberapa tahap yaitu validasi produk dengan ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Selanjutnya, peneliti melakukan uji lapangan pada pengguna yaitu guru PAI dan 20 siswa SMA dan 20 siswa SMK Malnu pusat menes. Penelitian ini menghasilkan produk berupa vlog. Berdasarkan hasil validasi produk diperoleh pesentasi hasil penilaian ahli materi 92 %, ahli media 86% dan ahli bahasa 84 %. hasil dari uji pengguna guru PAI diperoleh hasil 86%, pengguna siswa diperoleh hasil 88%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa vlog dengan strategi pembelajaran every one is a teacher here layak digunakan sebagai media pembelajaran PAI pada peserta didik