ctrlnum 7828
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/</relation><title>Pengembangan Bahan Ajar Berbasis&#xD; Pembelajaran Virtual PAI (Web) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar&#xD; Siswa Pada Materi Macam-macam Sujud Kelas VIII SMPN 9 Kota Serang</title><creator>Agustina, Annisa</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><description>Annisa Agustina. 171210041. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis&#xD; Pembelajaran Virtual PAI (Web) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar&#xD; Siswa Pada Materi Macam-macam Sujud Kelas VIII SMPN 9 Kota Serang.&#xD; Diajukan pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan&#xD; Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.&#xD; Bahan Ajar berbasis pembelajaran virtual (Web) adalah pembelajaran yang&#xD; pelaksanaannya didukung oleh bantuan teknologi internet sehingga dapat&#xD; digunakan pada situasi saat ini dimana pembelajaran melalui jarak jauh.&#xD; Latar belakang penelitian ini adalah Siswa kurang antusias dan bersemangat&#xD; ketika dalam proses pembelajaran berlangsung ketika masa Pandemi-Covid-&#xD; 19 dan pembelajaran yang digunakan monoton. Maka dari itu motivasi&#xD; belajar siswa perlu diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1)&#xD; Mengetahui kelayakan dari bahan ajar berbasis pembelajaran virtual PAI&#xD; (Web) 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan&#xD; menggunakan bahan ajar berbasis pembelajaran virtual PAI (Web). Jenis&#xD; penelitian yang digunakan yaitu penelitian Reasearch and Development&#xD; (R&amp;D) dengan model pengembangan ADDIE, yang dimana pada tahap&#xD; penelitiannnya terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development,&#xD; Implementation, dan Evaluation. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli,&#xD; yaitu: Ahli Media, Ahli Materi, dan Guru PAI. Uji coba produk siswa&#xD; dilakukan sebanyak 32 siswa kelas VIII B. Berdasarkan hasil penelitian yang&#xD; dilakukan bahan ajar berbasis pembelajaran virtual PAI (Web) mendapatkan&#xD; penilaian yang baik dari 3 ahli, dengan rata-rata skor kelayakan 4,32&#xD; dikategorikan Sangat Layak. Untuk Pretest diperoleh rata-rata sebesar 69,&#xD; 75% sedangkan Post test mencapai rata-rata 90,91%. Secara keseluruhan&#xD; hasil perhitungan dengan menggunakan gain score menunjukkan bahwa&#xD; bahan ajar berbasis pembelajaran virtual (Web) dapat meningkatkan motivasi&#xD; belajar siswa dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa,&#xD; dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95% SPSS, Pre Test dan Post&#xD; Test terdapat peningkatan yang signifikan (5%) antara sebelum dan sesudah.&#xD; Dan dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis pembelajaran virtual (Web)&#xD; dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan H0 ditolak dan Ha&#xD; diterima dengan Sig. (2-tailed) &lt; 0,05.</description><date>2021-12-28</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7828/8/DAFUS.pdf</identifier><identifier> Agustina, Annisa (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Virtual PAI (Web) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Macam-macam Sujud Kelas VIII SMPN 9 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>7828</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Agustina, Annisa
title Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Virtual PAI (Web) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Macam-macam Sujud Kelas VIII SMPN 9 Kota Serang
publishDate 2021
topic 2x7.3 Pendidikan
url http://repository.uinbanten.ac.id/7828/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/8/DAFUS.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7828/
contents Annisa Agustina. 171210041. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Virtual PAI (Web) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Macam-macam Sujud Kelas VIII SMPN 9 Kota Serang. Diajukan pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Bahan Ajar berbasis pembelajaran virtual (Web) adalah pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh bantuan teknologi internet sehingga dapat digunakan pada situasi saat ini dimana pembelajaran melalui jarak jauh. Latar belakang penelitian ini adalah Siswa kurang antusias dan bersemangat ketika dalam proses pembelajaran berlangsung ketika masa Pandemi-Covid- 19 dan pembelajaran yang digunakan monoton. Maka dari itu motivasi belajar siswa perlu diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui kelayakan dari bahan ajar berbasis pembelajaran virtual PAI (Web) 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pembelajaran virtual PAI (Web). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Reasearch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang dimana pada tahap penelitiannnya terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli, yaitu: Ahli Media, Ahli Materi, dan Guru PAI. Uji coba produk siswa dilakukan sebanyak 32 siswa kelas VIII B. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahan ajar berbasis pembelajaran virtual PAI (Web) mendapatkan penilaian yang baik dari 3 ahli, dengan rata-rata skor kelayakan 4,32 dikategorikan Sangat Layak. Untuk Pretest diperoleh rata-rata sebesar 69, 75% sedangkan Post test mencapai rata-rata 90,91%. Secara keseluruhan hasil perhitungan dengan menggunakan gain score menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis pembelajaran virtual (Web) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95% SPSS, Pre Test dan Post Test terdapat peningkatan yang signifikan (5%) antara sebelum dan sesudah. Dan dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis pembelajaran virtual (Web) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan H0 ditolak dan Ha diterima dengan Sig. (2-tailed) < 0,05.
id IOS3645.7828
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:29:18Z
last_indexed 2023-04-14T02:29:18Z
recordtype dc
_version_ 1765163656255897600
score 17.538404