Daftar Isi:
  • Marwiyah. 161240035. 2021. Pengembangan Media Fabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD/MI Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Media fabel pada pembelajaran IPA materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di Kelas IV MI Al-Jauharotunnaqiyah Priuk Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman dan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV yang masih belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPA khususnya materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan Research and Development (Four D Models) menurut Thiagarajan. Berdasarkan hasil penelitiann, bahwa media pembelajran dinyatakan layak. Hasil validasi diperoleh rata-rata skor 3.53. dengan kategori baik dan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAmateri Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya yang dilihat dari indikator keberhasilan mulai sebelum penmgembangan Media fabel sebesar 46% menjadi 84% pada setelah pengembangan Media Fabel Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media Fabel inilah yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas IV.