ctrlnum 7380
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/</relation><title>Pengaruh Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Audiovisual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI.</title><creator>Irzanadilla, Luvitta</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><description>Luvitta Irzanadilla (171210186). Pengaruh Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Audiovisual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual bagi siswa kelas VIII sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran SKI sekaligus untuk mengetahui pengaruhnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Al-Khairiyah Kalodran.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian kolaboratif antara jenis penelitian R&amp;D dan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Dalam metode pengembangan media, peneliti menggunakan model ADDIE. Adapun dalam jenis penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan model penelitian One Group Pretest-Postest yang dapat membandingkan keadaan sebelum dan setelah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Khairiyah yang berjumlah 90 orang Adapun sampel dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tahap analisis deskritif kualitatif dan tahap analisis statistik parametris.&#xD; Adapun hasil penelitian dari penelitian yang dilakukan, media pembelajaran Powtoon mendapatkan penilaian yang baik dari ahli media, materi serta praktisi pendidikan. Dengan hasil uji validitas di antaranya mendapatkan nilai dari ahli media sebesar 85,9, ahli materi mendapatkan nilai 90,4 dan praktisi pendidikan mendapatkan nilai sebesar 88,7 dengan masing masing menduduki kategori sangat valid. Adapun hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai sebesar 93,6 dan dari uji coba kelompok besar mendapatkan nilai sebesar 85,2 dengan kategori &#x201C;sangat baik&#x201D;. Maka dari hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang di kembangkan ini sudah sangat baik di jadikan sebagai media pembelajaran. Adapun pengaruh media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual dilihat dari hasil uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus uji-t yang menghasilkan nilai thitung sebesar 12,505. Dengan nilai signifikan sebesar 0,05, maka ttab = 2,055. Sehingga dinyatakan bahwa thit &gt; ttab. Dengan demikian, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI setelah menggunakan media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual.</description><date>2021-11-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7380/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Irzanadilla, Luvitta (2021) Pengaruh Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Audiovisual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>7380</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Irzanadilla, Luvitta
title Pengaruh Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Audiovisual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI
publishDate 2021
topic 2x7.3 Pendidikan
url http://repository.uinbanten.ac.id/7380/1/cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7380/
contents Luvitta Irzanadilla (171210186). Pengaruh Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Audiovisual Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual bagi siswa kelas VIII sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran SKI sekaligus untuk mengetahui pengaruhnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Al-Khairiyah Kalodran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kolaboratif antara jenis penelitian R&D dan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Dalam metode pengembangan media, peneliti menggunakan model ADDIE. Adapun dalam jenis penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan model penelitian One Group Pretest-Postest yang dapat membandingkan keadaan sebelum dan setelah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al-Khairiyah yang berjumlah 90 orang Adapun sampel dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tahap analisis deskritif kualitatif dan tahap analisis statistik parametris. Adapun hasil penelitian dari penelitian yang dilakukan, media pembelajaran Powtoon mendapatkan penilaian yang baik dari ahli media, materi serta praktisi pendidikan. Dengan hasil uji validitas di antaranya mendapatkan nilai dari ahli media sebesar 85,9, ahli materi mendapatkan nilai 90,4 dan praktisi pendidikan mendapatkan nilai sebesar 88,7 dengan masing masing menduduki kategori sangat valid. Adapun hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai sebesar 93,6 dan dari uji coba kelompok besar mendapatkan nilai sebesar 85,2 dengan kategori “sangat baik”. Maka dari hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang di kembangkan ini sudah sangat baik di jadikan sebagai media pembelajaran. Adapun pengaruh media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual dilihat dari hasil uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus uji-t yang menghasilkan nilai thitung sebesar 12,505. Dengan nilai signifikan sebesar 0,05, maka ttab = 2,055. Sehingga dinyatakan bahwa thit > ttab. Dengan demikian, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI setelah menggunakan media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual.
id IOS3645.7380
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:28:57Z
last_indexed 2023-04-14T02:28:57Z
recordtype dc
_version_ 1765163653016846336
score 17.538404