ctrlnum 7350
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/</relation><title>Pengembangan Modul Berbasis iCare untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Membaca Cerita di Kelas IV SD/MI (R&amp;D pada Kelas IV MI Darul Ulum Mauk Tangerang)</title><creator>Yusnia, Siti</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang dalam membaca yang disebabkan karena keterbatasan bahan bacaan serta penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang menarik minat dan perhatian siswa sehingga membuat siswa bosan dan jenuh mengikuti pembelajaran terkhusus dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk modul membaca pemahaman cerita berbasis ICARE dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, 2) Untuk mengetahui efektivitas modul membaca pemahaman cerita berbasis ICARE dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&amp;D (Reasearch and Develompment) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu : Define (pendefinisian),Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Bahan ajar berupa modul ICARE yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi para ahli yakni ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sebelum uji coba dilakukan. Uji coba dilakukan di MI Darul Ulum Mauk-Tangerang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata rata 4,4 dengan kategori sangat baik. 3) Hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor rata rata 4,3 dengan kategori sangat baik. 4) Hasil validasi uji coba produk pada siswa memperoleh hasil dalam presentase 99,1% kategori sangat baik. 5) Tingkat kemampuan pemahaman siswa di Kelas IV MI Darul Ulum mengalami peningkatan disetiap evaluasinya, dari hasil uji coba Modul Berbasis ICARE pada evaluasi ke- 1 memperoleh skor 0,71 atau 70% kategori &#x201C;Baik atau B&#x201D; setelah menggunakan produk Modul Berbasis ICAREpada evaluasi-2 memperoleh skor 0,90 atau 90% kategori &#x201C;sangat baik atau A, dan terus mengalami peningkatan menjadi 100 atau 100% setelah menggunakan produk untuk evaluasi ke-3.&#xD; Berdasarkan hasil uji coba tersebut, bahwa Modul Berbasis ICARE pada mata pelajaran Bahasa Indonesia layak untuk digunakan dalam pembelajaran.</description><date>2021-11-08</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7350/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Yusnia, Siti (2021) Pengembangan Modul Berbasis iCare untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Membaca Cerita di Kelas IV SD/MI (R&amp;D pada Kelas IV MI Darul Ulum Mauk Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>7350</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yusnia, Siti
title Pengembangan Modul Berbasis iCare untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Membaca Cerita di Kelas IV SD/MI (R&D pada Kelas IV MI Darul Ulum Mauk Tangerang)
publishDate 2021
topic 2x7.3 Pendidikan
url http://repository.uinbanten.ac.id/7350/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/2/PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7350/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang dalam membaca yang disebabkan karena keterbatasan bahan bacaan serta penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang menarik minat dan perhatian siswa sehingga membuat siswa bosan dan jenuh mengikuti pembelajaran terkhusus dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk modul membaca pemahaman cerita berbasis ICARE dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, 2) Untuk mengetahui efektivitas modul membaca pemahaman cerita berbasis ICARE dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Reasearch and Develompment) tipe 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu : Define (pendefinisian),Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Bahan ajar berupa modul ICARE yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi para ahli yakni ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sebelum uji coba dilakukan. Uji coba dilakukan di MI Darul Ulum Mauk-Tangerang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata rata 4,4 dengan kategori sangat baik. 3) Hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor rata rata 4,3 dengan kategori sangat baik. 4) Hasil validasi uji coba produk pada siswa memperoleh hasil dalam presentase 99,1% kategori sangat baik. 5) Tingkat kemampuan pemahaman siswa di Kelas IV MI Darul Ulum mengalami peningkatan disetiap evaluasinya, dari hasil uji coba Modul Berbasis ICARE pada evaluasi ke- 1 memperoleh skor 0,71 atau 70% kategori “Baik atau B” setelah menggunakan produk Modul Berbasis ICAREpada evaluasi-2 memperoleh skor 0,90 atau 90% kategori “sangat baik atau A, dan terus mengalami peningkatan menjadi 100 atau 100% setelah menggunakan produk untuk evaluasi ke-3. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, bahwa Modul Berbasis ICARE pada mata pelajaran Bahasa Indonesia layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
id IOS3645.7350
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:28:57Z
last_indexed 2023-04-14T02:28:57Z
recordtype dc
_version_ 1765163652881580032
score 17.538404