Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru (Studi pada MA Al-Hidayah Ciomas Kab. Serang)
Daftar Isi:
- Muthiya Rahma. NIM. 152500089. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru (Studi pada MA Al-Hidayah Ciomas Kab. Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Gambaran gaya kepemimpinan Kepala MA Al-Hidayah Ciomas Kabupaten Serang, kinerja guru, dan pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap kinerja guru pada MA Al-Hidayah Ciomas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru MA Al-Hidayah Ciomas Kab. Serang dengan jumlah 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian menunjukkan: Pertama, gaya kepemimpinan deokratis kepala madrasah adalah sangat tinggi mencapai 74%. Kedua, Kinerja guru dalam kategori tinggi mencapai 56% dan kategori sangat tinggi 44%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru MA Al-Hidayah. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai ρ hitung > ρ tabel (0,996>0,377).