Pengembangan Media Boneka Wayang dalam pembelajaran IPS tentang peristiwa proklamasi. (Research and Development di Kelas V SD Negeri Benoa Jl. Bongla KM 4, Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten)

Main Author: Revianti, Rosalia Annisa
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/7319/1/cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/2/lampiran%20depan.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7319/
Daftar Isi:
  • Rosalia Annisa Revianti, 161240079, 2020, Pengembangan Boneka Wayang dalam pembelajaran IPS tentang peristiwa proklamasi. (Research and Development di Kelas V SD Negeri Benoa Jl. Bongla KM 4, Desa Sindangheula, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten) Tujuan dari penelitian ini, sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media boneka wayang pada pembelajaran IPS kelas V ?; (2) Untuk mengetahui hasil kelayakan media boneka wayang pada pembelajaran IPS kelas V?. Peneliti menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan memodifikasikan model Borg dan Gall yang dilakukan hingga pada langkah ke lima, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut; (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) Desain produk, (3) Uji validitas, (4) Revisi produk, dan (5) Uji coba produk. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan suatu produk berupa media boneka wayang pada pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka wayang dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase penilaian dari ahli media setelah direvisi 98,61% dan persentase penilaian dari ahli materi setelah direvisi 98,75% yang menunjukkan klasifikasi sangat baik dan penilaian uji kelayakan oleh ahli media dan materi, serta hasil penilaian uji coba produk yang dilakukan kepada siswa melalui angket mendapat butir penyataan persentase 99,9% yaitu termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didik, sebagai tambahan media bagi pendidik, dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih menyempurnakan media boneka wayang agar lebih edukatif serta inovatif.