Strategi Komunikasi Pemasaran Media Online Biem.co (Studi Deskriptif Kualitatif pada Media Online biem.co)
Daftar Isi:
- Nama: Havizah Khairunnisa, NIM: 171330053. Judul Skripsi: Strategi Komunikasi Pemasaran Media Online Biem.co (Studi Deskriptif Kualitatif pada Media Online biem.co), Jurusan: Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Tahun 2021. Media online merupakan salah satu media pemenuhan kebutuhan informasi dengan memanfaatkan keberadaan internet, informasi semakin mudah diperoleh karena perkembangannya. Di Provinsi Banten terdapat media online bernama Biem.co yang merupakan salah satu media online yang menjadi rujukan berita khususnya bagi masyarakat Banten dengan mengedepankan kreativitas dan pemberdayaan anak muda. Informasi terkini diperoleh melalui media online seolah-olah sudah menjadi gaya hidup dikalangan masyarakat sehingga memunculkan banyaknya media online khususnya di Provinsi Banten. Hal ini menjadikan persaingan antar media online menjadi sangat ketat, strategi komunikasi pemasaran perlu dilakukan dengan tepat. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut, 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan media online biem.co? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran media online biem.co? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui strategi komunikasi pemasaran media online biem.co, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi komunikasi pemasaran media online biem.co. Penelitian ini menggunakan metode penelitiaan deskriptif kualitatif untuk menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya dengan melibatkan 6 Informan dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi pemasaran media online biem.co dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasarannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) menunjukkan strategi komunikasi pemasaran oleh biem.co melalui periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan personal dapat disimpulkan berjalan efektif dan efisien. Dalam aktivitas pemasaran juga menerapkan nilai-nilai keislaman yakni; ketuhanan. sidiq, amanah, tabligh dan fatonah. Keberhasilan ditunjukkan dengan adanya kenaikan jumlah pembaca setiap tahunnya yang berdampak pada penghasilan yang bertambah dan mampu bertahan ditengah persaingan media online.