ctrlnum 7240
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/</relation><title>&#x201C;Peran Kompetensi&#xD; Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada&#xD; Peserta Didik&#x201D; (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka).</title><creator>Fahruroji, Dede</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><description>DEDE FAHRUROJI. 152102100. 2020. Judul Skripsi &#x201C;Peran Kompetensi&#xD; Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada&#xD; Peserta Didik&#x201D; (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka).&#xD; Pendidikan adalah bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa untuk&#xD; mencapai kedewasaanya. Oleh karena itu pentingnya pendidikan perlu&#xD; ditingkatkan pula kemampuan akademik dan serta meningkatkan jaminan&#xD; kesehatan terhadap tenaga pendidikan sehingga tenaga pendidik mampu&#xD; melaksanakan kewajibanya secara optimal.lingkungan sekolah merupakan&#xD; lingkungan yang juga sangat berperan dalam pembentukan nilai-nilai pendidikan&#xD; islam, dalam kegiatanya, sekolah bukan hanya tempat berkumpul bagi guru dan&#xD; murid melainkan berada dalam satu tatanan sistem yang rumit dan berkaitan.&#xD; Berdasarkan latar belakang diatas maka perumusan masalah dalam&#xD; penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana peran pedagogik seorang guru&#xD; pai dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik? 2) apa&#xD; sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai&#xD; pendidikan islam pada peserta didik.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian&#xD; kualitatif, pengumpulan data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan&#xD; dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis&#xD; deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orangorang&#xD; dan prilaku yang diamati yang terkumpul secara menyeluruh tentang&#xD; keadaan yang sebenarnya.&#xD; Hasil penelitian menunjukan: 1). Peran kompetensi pedagogik guru PAI&#xD; meliputi aspek-aspek indikator peserta didik: dapat dilihat dari menguasai&#xD; karaktristik peserta didik , menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip&#xD; pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, pengembangan potensi&#xD; peserta didik, kegitan pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta&#xD; didik, penilaian dan evaluasi. 2). Upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai&#xD; pendidikan islam pada peserta didik dapat dilihat dari upaya guru PAI dalam&#xD; mengajak siswa untuk aktif dalam keagamaan, memotivasi dan memberikan&#xD; arahan kepada peserta didik yang membangun dan berprilaku layaknya peran&#xD; seorang guru yang sesuai dengan kompetensi pedagogik dalam bertindak dan&#xD; berbuat.</description><date>2021-10-29</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/2/bagian%20muka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/3/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/4/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/5/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/6/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/7/bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/8/dafpus.pdf</identifier><identifier> Fahruroji, Dede (2021) &#x201C;Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik&#x201D; (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>7240</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fahruroji, Dede
title “Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka)
publishDate 2021
topic 2x7.3 Pendidikan
url http://repository.uinbanten.ac.id/7240/1/cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/2/bagian%20muka.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/3/bab%201.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/4/bab%202.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/5/bab%203.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/6/bab%204.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/7/bab%205.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/8/dafpus.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/
contents DEDE FAHRUROJI. 152102100. 2020. Judul Skripsi “Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka). Pendidikan adalah bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa untuk mencapai kedewasaanya. Oleh karena itu pentingnya pendidikan perlu ditingkatkan pula kemampuan akademik dan serta meningkatkan jaminan kesehatan terhadap tenaga pendidikan sehingga tenaga pendidik mampu melaksanakan kewajibanya secara optimal.lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang juga sangat berperan dalam pembentukan nilai-nilai pendidikan islam, dalam kegiatanya, sekolah bukan hanya tempat berkumpul bagi guru dan murid melainkan berada dalam satu tatanan sistem yang rumit dan berkaitan. Berdasarkan latar belakang diatas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana peran pedagogik seorang guru pai dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik? 2) apa sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, pengumpulan data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orangorang dan prilaku yang diamati yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukan: 1). Peran kompetensi pedagogik guru PAI meliputi aspek-aspek indikator peserta didik: dapat dilihat dari menguasai karaktristik peserta didik , menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, pengembangan potensi peserta didik, kegitan pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan evaluasi. 2). Upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik dapat dilihat dari upaya guru PAI dalam mengajak siswa untuk aktif dalam keagamaan, memotivasi dan memberikan arahan kepada peserta didik yang membangun dan berprilaku layaknya peran seorang guru yang sesuai dengan kompetensi pedagogik dalam bertindak dan berbuat.
id IOS3645.7240
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:28:52Z
last_indexed 2023-04-14T02:28:52Z
recordtype dc
_version_ 1765163652233560064
score 17.538404