“Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka)
ctrlnum |
7240 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/</relation><title>“Peran Kompetensi
Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada
Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka).</title><creator>Fahruroji, Dede</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><description>DEDE FAHRUROJI. 152102100. 2020. Judul Skripsi “Peran Kompetensi
Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada
Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka).
Pendidikan adalah bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa untuk
mencapai kedewasaanya. Oleh karena itu pentingnya pendidikan perlu
ditingkatkan pula kemampuan akademik dan serta meningkatkan jaminan
kesehatan terhadap tenaga pendidikan sehingga tenaga pendidik mampu
melaksanakan kewajibanya secara optimal.lingkungan sekolah merupakan
lingkungan yang juga sangat berperan dalam pembentukan nilai-nilai pendidikan
islam, dalam kegiatanya, sekolah bukan hanya tempat berkumpul bagi guru dan
murid melainkan berada dalam satu tatanan sistem yang rumit dan berkaitan.
Berdasarkan latar belakang diatas maka perumusan masalah dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana peran pedagogik seorang guru
pai dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik? 2) apa
sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan islam pada peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif, pengumpulan data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orangorang
dan prilaku yang diamati yang terkumpul secara menyeluruh tentang
keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukan: 1). Peran kompetensi pedagogik guru PAI
meliputi aspek-aspek indikator peserta didik: dapat dilihat dari menguasai
karaktristik peserta didik , menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, pengembangan potensi
peserta didik, kegitan pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta
didik, penilaian dan evaluasi. 2). Upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan islam pada peserta didik dapat dilihat dari upaya guru PAI dalam
mengajak siswa untuk aktif dalam keagamaan, memotivasi dan memberikan
arahan kepada peserta didik yang membangun dan berprilaku layaknya peran
seorang guru yang sesuai dengan kompetensi pedagogik dalam bertindak dan
berbuat.</description><date>2021-10-29</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/2/bagian%20muka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/3/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/4/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/5/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/6/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/7/bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/7240/8/dafpus.pdf</identifier><identifier> Fahruroji, Dede (2021) “Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>7240</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fahruroji, Dede |
title |
“Peran Kompetensi
Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada
Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka) |
publishDate |
2021 |
topic |
2x7.3 Pendidikan |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/7240/1/cover.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/2/bagian%20muka.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/3/bab%201.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/4/bab%202.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/5/bab%203.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/6/bab%204.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/7/bab%205.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/8/dafpus.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/7240/ |
contents |
DEDE FAHRUROJI. 152102100. 2020. Judul Skripsi “Peran Kompetensi
Pedagogik Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada
Peserta Didik” (Studi di SMP Negeri Satu Atap Pasir Menteng Cinangka).
Pendidikan adalah bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa untuk
mencapai kedewasaanya. Oleh karena itu pentingnya pendidikan perlu
ditingkatkan pula kemampuan akademik dan serta meningkatkan jaminan
kesehatan terhadap tenaga pendidikan sehingga tenaga pendidik mampu
melaksanakan kewajibanya secara optimal.lingkungan sekolah merupakan
lingkungan yang juga sangat berperan dalam pembentukan nilai-nilai pendidikan
islam, dalam kegiatanya, sekolah bukan hanya tempat berkumpul bagi guru dan
murid melainkan berada dalam satu tatanan sistem yang rumit dan berkaitan.
Berdasarkan latar belakang diatas maka perumusan masalah dalam
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana peran pedagogik seorang guru
pai dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan islam pada peserta didik? 2) apa
sajakah faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan islam pada peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif, pengumpulan data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orangorang
dan prilaku yang diamati yang terkumpul secara menyeluruh tentang
keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukan: 1). Peran kompetensi pedagogik guru PAI
meliputi aspek-aspek indikator peserta didik: dapat dilihat dari menguasai
karaktristik peserta didik , menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, pengembangan potensi
peserta didik, kegitan pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta
didik, penilaian dan evaluasi. 2). Upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan islam pada peserta didik dapat dilihat dari upaya guru PAI dalam
mengajak siswa untuk aktif dalam keagamaan, memotivasi dan memberikan
arahan kepada peserta didik yang membangun dan berprilaku layaknya peran
seorang guru yang sesuai dengan kompetensi pedagogik dalam bertindak dan
berbuat. |
id |
IOS3645.7240 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2023-04-14T02:28:52Z |
last_indexed |
2023-04-14T02:28:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163652233560064 |
score |
17.538404 |