PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Kuasi Eksperimen di kelas III SDN Sindang Panon I Tangerang)
Main Author: | Fauziah, Siti Nur Qira’atul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/673/1/%281%29%20Cover.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/673/2/%282%29%20BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/673/3/%283%29%20BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/673/4/%284%29%20BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/673/5/%286%29%20BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/673/6/%287%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/673/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Probing-prompting terhadap hasil belajar siswa dan Mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Probing-prompting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Sindang Panon I Tangerang tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel kelas III (A) sebagai kelas eksperimen dan kelas III (B) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Lembar tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, Lembar observasi untuk mengetahui sikap siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran probing-prompting mempunyai pengaruh dan lebih baik dari siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran tersebut. Hal ini berdasarkan hasil dari data post test kelas eksperimen 62,16 dan hasil post test kelas kontrol 52,32. Dan untuk hasil sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Probing-prompting menunjukkan antusias. Hal ini berdasarkan hasil dari lembar observasi yang digunakan saat proses pembelajaran berlangsung.