PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GEOBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI (Kuasi Eksperimen di Kelas IV SDN Rawa Kidang Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang)

Main Author: MASTUROH, IMAS
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/637/1/cover%20skripsi.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/637/2/BAB%201%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/637/3/BAB%202%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/637/4/BAB%203%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/637/5/BAB%205%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/637/6/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/637/
Daftar Isi:
  • Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika merupakan upaya menjembatani pola berpikir siswa tingkat SD/MI yang masih dalam tahap konkret dengan objek kajian matematika yang bersifat abstrak. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah geoboard. Alat peraga ini dapat digunakan untuk pembelajaran geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga geoboard terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan geometri di Kelas IV SDN Rawa Kidang dan apakah pengaruh tersebut signifikan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen, sedangkan desain penelitiannya menggunakan one group design, dengan sempel 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk tes pilihan ganda, validitas isi, dan reliabilitas menggunakan KR 20. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test yang sebelumnya telah diketahui normalitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga geoboard memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari skor rata-rata yang diperoleh siswa sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) dan sesudah mendapatkan perlakuan (posttest), yaitu 31,250 > 58,125. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan alat peraga geoboard terhadap hasil belajar matematika. Hal ini menunjukan bahwa dengan penggunaan alat peraga geoboard lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikansi penggunaan alat peraga geoboard terhadap hasil belajar siswa, hasil perhitungan uji-t dapat dikatakan terdapat perbedaan antara hasil pretest dan hasil posttest, berarti ada perbedaan sebelum mendapatkan perlakuan (treatment) dan sesudah mendapatkan perlakuan (treatment) menggunakan alat peraga geoboard.