Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang
ctrlnum |
6315 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/</relation><title>Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa
(Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang</title><creator>Munah, Sri</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><subject>2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><subject>2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah</subject><description>Sri Munah. NIM: 161210014. 2020. Judul Skripsi: “Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa” (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media audio visual video pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap keaktifan belajar siswa di SMAN 6 Kota Serang pada materi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain Non Equivalent Control Group Design, yaitu desain yang hampir sama dengan Pretest-Posttest Control Grup Design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random tetapi secara purposif. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, dan 28 siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual video efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Hal tersebut dikarenakan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen tidak sama dengan siswa kelas kontrol, yaitu siswa yang diberikan perlakuan media audio visual video sangat aktif dalam belajar sehingga dapat memahami materi dengan baik, berbeda dengan siswa pada kelas kontrol yang pasif saat belajar karena tidak diberikan perlakuan media audio visual video, sehingga hasil yang diperoleh lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen.</description><date>2021-03-25</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/2/SURAT%20PERNYATAAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Munah, Sri (2021) Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>6315</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Munah, Sri |
title |
Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa
(Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang |
publishDate |
2021 |
topic |
2x7.3 Pendidikan 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/2/SURAT%20PERNYATAAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6315/ |
contents |
Sri Munah. NIM: 161210014. 2020. Judul Skripsi: “Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa” (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media audio visual video pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap keaktifan belajar siswa di SMAN 6 Kota Serang pada materi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain Non Equivalent Control Group Design, yaitu desain yang hampir sama dengan Pretest-Posttest Control Grup Design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random tetapi secara purposif. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, dan 28 siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual video efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Hal tersebut dikarenakan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen tidak sama dengan siswa kelas kontrol, yaitu siswa yang diberikan perlakuan media audio visual video sangat aktif dalam belajar sehingga dapat memahami materi dengan baik, berbeda dengan siswa pada kelas kontrol yang pasif saat belajar karena tidak diberikan perlakuan media audio visual video, sehingga hasil yang diperoleh lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen. |
id |
IOS3645.6315 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2023-04-14T02:28:09Z |
last_indexed |
2023-04-14T02:28:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163646511480832 |
score |
17.538404 |