ctrlnum 6315
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/</relation><title>Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa&#xD; (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang</title><creator>Munah, Sri</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><subject>2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><subject>2x7.33 Tingkat stanawiyah dan &#x2018;aliyah</subject><description>Sri Munah. NIM: 161210014. 2020. Judul Skripsi: &#x201C;Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa&#x201D; (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang).&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media audio visual video pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap keaktifan belajar siswa di SMAN 6 Kota Serang pada materi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain Non Equivalent Control Group Design, yaitu desain yang hampir sama dengan Pretest-Posttest Control Grup Design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random tetapi secara purposif. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, dan 28 siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual video efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Hal tersebut dikarenakan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen tidak sama dengan siswa kelas kontrol, yaitu siswa yang diberikan perlakuan media audio visual video sangat aktif dalam belajar sehingga dapat memahami materi dengan baik, berbeda dengan siswa pada kelas kontrol yang pasif saat belajar karena tidak diberikan perlakuan media audio visual video, sehingga hasil yang diperoleh lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen.</description><date>2021-03-25</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/2/SURAT%20PERNYATAAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6315/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Munah, Sri (2021) Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>6315</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Munah, Sri
title Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang
publishDate 2021
topic 2x7.3 Pendidikan
2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
url http://repository.uinbanten.ac.id/6315/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/2/SURAT%20PERNYATAAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/6315/
contents Sri Munah. NIM: 161210014. 2020. Judul Skripsi: “Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa” (Studi Eksperimen di SMAN 6 Kota Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media audio visual video pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap keaktifan belajar siswa di SMAN 6 Kota Serang pada materi perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain Non Equivalent Control Group Design, yaitu desain yang hampir sama dengan Pretest-Posttest Control Grup Design, hanya saja pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random tetapi secara purposif. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, dan 28 siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: deskripsi data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual video efektif diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Hal tersebut dikarenakan keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen tidak sama dengan siswa kelas kontrol, yaitu siswa yang diberikan perlakuan media audio visual video sangat aktif dalam belajar sehingga dapat memahami materi dengan baik, berbeda dengan siswa pada kelas kontrol yang pasif saat belajar karena tidak diberikan perlakuan media audio visual video, sehingga hasil yang diperoleh lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen.
id IOS3645.6315
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2023-04-14T02:28:09Z
last_indexed 2023-04-14T02:28:09Z
recordtype dc
_version_ 1765163646511480832
score 17.538404