Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Pengetahuan Kognitif dan Metakognitif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan Akhlak Siswa (Studi di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang)
ctrlnum |
6290 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/</relation><title>Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Pengetahuan Kognitif dan Metakognitif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan Akhlak Siswa (Studi di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang)</title><creator>Tajudin, Tajudin</creator><subject>2x7.3 Pendidikan</subject><subject>2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah</subject><description>TAJUDIN, NIM 172011041, Peran Guru PAI dalam Mengembangkan
Pengetahuan Kognitif dan Metakognitif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan
Akhlak Siswa di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang.
Salah satu dimensi pengetahuan yang harus tercapai pada kurikulum
2013 adalah kemampuan kognitif dan metakognitif. Kemampuan kognitif
merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang di dalam memecahkan suatu
masalah melalui proses berpikir, menghubungkan, menilai dan
mempertimbangkan dan menyesuaikan diri atas situasi tertentu dengan sarana atau
alat bantu dalam mencapai tujuan. Sedangkan kemampuan metakognitif
merupakan kemampuan untuk mengatur, mengorganisasi dan memantau seluruh
proses berpikir yang dilakukan selama menyelesaikan masalah.
Berdasarkan uraian permasalahan di atas, peneliti merumuskan
beberapa permasalahan yang akan di bahas pada penelitian ini yaitu : 1)
Bagaimanakah guru PAI mengembangkan pengetahuan kognitif dalam
pembelajaran di MTsN 1 dan 2 Tangerang? 2) Bagaimanakah guru PAI
mengembangkan pengetahuan metakognitif dalam pembelajaran di MTsN 1 dan 2
Tangerang? 3) Bagaimanakah implementasi pengetahuan kognitif dan metakognitif
terhadap akhlak siswa di MTsN 1 dan 2 Tangerang? 4) Bagaimana peran guru PAI
dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs N1 dan 2 Tangerang ?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendiskripsikan aktifitas dari guru
PAI dalam mengembangkan pengetahuan kognitif pada pembelajaran di MTsN 1
dan 2 Tangerang. 2) Mendiskripsikan aktifitas dari guru PAI dalam
mengembangkan pengetahuan metakognitif pada pembelajaran di MTsN 1 dan 2
Tangerang. 3) Menganalisis implementasi pengetahuan kognitif dan metakognitif
terhadap akhlak siswa di MTsN 1 dan 2 Tangerang. 4) Mendeskripsikan peran
guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Negeri 1 dan 2 Tangerang
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati.
Berdasarkan pengolahan data akhir dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa proses pembelajaran oleh guru-guru PAI sudah cukup baik
dalam mengembangkan pengetahuan kognitif dan metakognitif yang ditandai
dengan banyaknya indikator upaya penigkatan pengetahuan kognitif dan
metakognitif, namun ada beberapa tahapan yang belum terlaksana dan pendekatan
pembelajaran masih cenderung terpusat pada guru. Adanya peningkatan akhlak
siswa sebagai implementasi dari pengetahuan kognitif dan metakognitif, terlihat
dari tingkat kedisiplinan mereka dalam mengikuti pembelajaran dan pembiasaan
yang ada di madrasah.</description><date>2021-03-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/1/1%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/2/HALAMAN%20MUKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/6290/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Tajudin, Tajudin (2021) Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Pengetahuan Kognitif dan Metakognitif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan Akhlak Siswa (Studi di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>6290</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Tajudin, Tajudin |
title |
Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Pengetahuan Kognitif dan Metakognitif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan Akhlak Siswa (Studi di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang) |
publishDate |
2021 |
topic |
2x7.3 Pendidikan 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/6290/1/1%20Cover.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/2/HALAMAN%20MUKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/6290/ |
contents |
TAJUDIN, NIM 172011041, Peran Guru PAI dalam Mengembangkan
Pengetahuan Kognitif dan Metakognitif pada Pembelajaran dalam Meningkatkan
Akhlak Siswa di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Kabupaten Tangerang.
Salah satu dimensi pengetahuan yang harus tercapai pada kurikulum
2013 adalah kemampuan kognitif dan metakognitif. Kemampuan kognitif
merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang di dalam memecahkan suatu
masalah melalui proses berpikir, menghubungkan, menilai dan
mempertimbangkan dan menyesuaikan diri atas situasi tertentu dengan sarana atau
alat bantu dalam mencapai tujuan. Sedangkan kemampuan metakognitif
merupakan kemampuan untuk mengatur, mengorganisasi dan memantau seluruh
proses berpikir yang dilakukan selama menyelesaikan masalah.
Berdasarkan uraian permasalahan di atas, peneliti merumuskan
beberapa permasalahan yang akan di bahas pada penelitian ini yaitu : 1)
Bagaimanakah guru PAI mengembangkan pengetahuan kognitif dalam
pembelajaran di MTsN 1 dan 2 Tangerang? 2) Bagaimanakah guru PAI
mengembangkan pengetahuan metakognitif dalam pembelajaran di MTsN 1 dan 2
Tangerang? 3) Bagaimanakah implementasi pengetahuan kognitif dan metakognitif
terhadap akhlak siswa di MTsN 1 dan 2 Tangerang? 4) Bagaimana peran guru PAI
dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs N1 dan 2 Tangerang ?
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendiskripsikan aktifitas dari guru
PAI dalam mengembangkan pengetahuan kognitif pada pembelajaran di MTsN 1
dan 2 Tangerang. 2) Mendiskripsikan aktifitas dari guru PAI dalam
mengembangkan pengetahuan metakognitif pada pembelajaran di MTsN 1 dan 2
Tangerang. 3) Menganalisis implementasi pengetahuan kognitif dan metakognitif
terhadap akhlak siswa di MTsN 1 dan 2 Tangerang. 4) Mendeskripsikan peran
guru PAI dalam meningkatkan akhlak siswa di MTs Negeri 1 dan 2 Tangerang
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati.
Berdasarkan pengolahan data akhir dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa proses pembelajaran oleh guru-guru PAI sudah cukup baik
dalam mengembangkan pengetahuan kognitif dan metakognitif yang ditandai
dengan banyaknya indikator upaya penigkatan pengetahuan kognitif dan
metakognitif, namun ada beberapa tahapan yang belum terlaksana dan pendekatan
pembelajaran masih cenderung terpusat pada guru. Adanya peningkatan akhlak
siswa sebagai implementasi dari pengetahuan kognitif dan metakognitif, terlihat
dari tingkat kedisiplinan mereka dalam mengikuti pembelajaran dan pembiasaan
yang ada di madrasah. |
id |
IOS3645.6290 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2023-04-14T02:28:09Z |
last_indexed |
2023-04-14T02:28:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163646150770688 |
score |
17.538404 |