Pengaruh Intensitas Promosi terhadap Jumlah Permintaan Umrah (Studi di PT. Rafa Lintas Cakrawala Cikokol Tangerang)
Daftar Isi:
- Ahmad Farhan Al Jadidi, NIM: 131401504, judul Skripsi “Pengaruh Intensitas Promosi terhadap Jumlah Permintaan Umrah (Studi di PT. Rafa Lintas Cakrawala Cikokol Tangerang)”. Untuk menarik simpati dan meningkatkan permintaan jama’ah ibadah umrah banyak cara yang dilakukan oleh setiap biro-biro penyelenggara dalam mempublikasikan mutu pelayanannya diantaranya adalah dengan jalur promosi. Karena hakikat promosi adalah sebagai bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan mendorong permintaan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui intensitas promosi di PT. Rafa Lintas Cakrawala, 2) untuk mengetahui jumlah permintaan umrah di PT. Rafa Lintas Cakrawala, dan 3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas promosi terhadap jumlah permintaan umrah di PT. Rafa Lintas Cakrawala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian analisis korelasional, dengan penelitian lapangan (field research). Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan peneliti menggunakan teknik angket dengan didukung teknik wawancara, dan observasi. Kesimpulan dari hasil pembahasan skripsi ini adalah pengaruh intensitas promosi terhadap jumlah permintaan umrah pada PT. Rafa Lintas Cakrawala Cikokol Tangerang dapat dilihat dari hasil analisis perhitungan statistik dalam uji korelasi dan koefisien determinasi. Kedua hasil uji tersebut menyatakan bahwa: nilai korelasi sebesar R = 0,645, nilai tersebut interpretasi korelasi berada pada angka (0,60-0,79) yang artinya kuat. Sedangkan uji determinasi menyatakan R2 = 0,416, yang artinya sebesar 41,60% intensitas promosi dapat memberikan kontribusi pada jumlah permintaan umrah. Dan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,004 > 1,67, artinya hipotesis altenatif diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara intensistas promosi terhadap jumlah permintaan umrah di PT. Rafa Lintas Cakrawala.