PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (Studi di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang)
Daftar Isi:
- Motivasi dalam belajar ini sangat diperlukan bagi siswa, jika siswa mengalami kekurangan motivasi misalkan kurangnya semangat, ngantuk, jenuh, bosen dengan teknik pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu seorang guru harus membangkitkan motivasi belajar siswa salah satunya dengan menggunakan Teknik Pembelajaran Numbered Head Together. Teknik Pembelajaran Numbered Head Together merupakan pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Dengan Numbered Head Together siswa dapat belajar bekerja sama dan berupaya bertukar ide dalam satu kelompok. Sehingga belajar siswa dapat termotivasi. Rumusan masalah ini adalah:1). Bagaimana teknik pembelajaran Numbered Head Together di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang? 2). Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajanan Akidah Akhlak di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang? 3). Adakah pengaruh Teknik Pembelajaran Numbered Head Together terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang? Tujuan penelitian ini adalah:1). Untuk mengetahui Teknik Pembelajaran Numbered Head Together di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang? 2).Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang? 3). Untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran Numbered Head Together terhadap motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang? Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :1). Bagi Peneliti 2). Bagi Siswa 3). Bagi Guru 4). Bagi sekolah Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Falah Pasanggrahan Petir Kabupaten Serang. Dengan jumlah sampel 45 orang siswa (responden) dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data: Observasi, angket dan studi pustaka. iii Hasil yang diperoleh ini adalah sebagai berikut: (l) hasil perhitungan variabel X, diketahui bahwa hitung = -9,81 dan tabel = 7,81, jadi hitung -9,81 lebih kecil < dari tabel (7,81), (2) hasil perhitungan variabel Y, diketahui bahwa hitung = -8,89 dan tabel = 7,81, jadi hitung -8,89 lebih kecil < dari tabel (7,81), Simpulan hasil penelitian variabel X dan variabel Y yang diambil merupakan sampel yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan hasil analisis korelasi antara variabel X dan Y yaitu termasuk dalam kategori tinggi. Dengan koefisien determinasi sebesar 90, 25 % sedangkan sisanya 9,75 % dipengaruhi oleh faktor lain.