Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTsN 2 Serang
Daftar Isi:
- Nadya Shilfi Hanifa, NIM : 152102113, Judul Skripsi : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTsN 2 SERANG Penelitian ini bertujuan untuk : Mengembangkan produk berupa media Prezi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di MTsN 2 Serang dan Mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di MTsN 2 Serang. Ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi. Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut : tahap analisis masalah, tahap pengembangan produk, uji lapangan awal, revisi hasil uji lapangan awal, uji lapangan utama, revisi hasil uji coba lapangan utama, revisi akhir, desiminasi . Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli praktisi pendidikan (Guru SKI). Uji coba dilakukan kepada kelas control yakni 33 siswa kelas IX A di MTsN 2 Serang dan Uji coba terbatas pada kelas eksperiment yakni 9 siswa kelas IX J di MTsN 2 Serang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, (1) media pembelajaran Prezi mendapatkan penilaian yang baik dari ahli materi, ahli media dan ahli praktisi pendidikan adalah dengan rerata pencapaian kriteria sangat valid dari presentase 84 < skor ≤ 100 dan (2) dari hasil uji coba produk oleh siswa memperoleh persentase 84,56% adalah sangat praktis dari presentase kriteria kepraktisan P > 80 serta peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Prezi pada materi Kerajaan Islam di Nusantara memperoleh persentase ketuntasan 90% dengan kriteria sangat tinggi dari kriteria presentase keefektifan P > 80. Perhitungan gain pada hasil pretest dan posttest pada uji coba terbatas 9 siswa, besar peningkatan pemahaman siswa menghasilkan gain 0,70 dengan kriteria tinggi dari kriteria besarnya n-Gain g > 0,7