MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM MENANGKAL RADIKALISME
Main Authors: | Suryapermana, Nana, Subekhan, Mochammad |
---|---|
Other Authors: | Tesniyadi, Dema |
Format: | Book NonPeerReviewed |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI)
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/5948/1/NANA%20SP_%20BUKU%20RADIKALISME%20%28ISBN%29.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5948/ https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchCat=Judul&searchTxt=Manajemen+pengembangan+kurikulum+pondok+pesantren+dalam+menangkal+radikalisme |
Daftar Isi:
- Buku ini adalah hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan pada dua lembaga Pendidikan Islam. Penelitian ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengetahui lebih dalam tentang Manajemen Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren Pandeglang, yang konon disebut sebagai kota Seribu Kyai dan Sejuta Santri. Perkembangan pondok pesantren tidak terlepas dari berbagai komponen – komponen pembelajaran dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari perkembangan lembaga pendidikan adalah Pondok Pesantren. Kandungan dalam buku ini menyajikan kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam permasalahan penangkalan radikalisme. Pada kurikulum Pondok Pesantren inilah peneliti mencoba untuk mengadakan penelitian secara spesifik yang terkait dengan Manajemen kurikulum Pondok Pesantren dalam menangkal Radikalisme, apa dan bagaimana materi yang di kembangkan selama proses pembelajaran berlangsung, dan Manajemen Pengembangan Kurikulum seperti apa yang digunakan selama proses pendidikan berjalan di Pondok Pesantren Pandeglang ini. Penulis menyadari “tak ada gading yang tak retak” begitu pula dengan buku ini tidaklah begitu lengkap dan sempurna, tetapi didalamnya memiliki secercah harapan dan petunjuk tentang bagaimana tatacara penerapan kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren tersebut. Tentunya dalam tulisan ini masih banyak hal – hal yang perlu diperbaiki baik isi maupun kaidah penulisannya.