Daftar Isi:
  • Nama : Ikhwanul Faqih Hakim, NIM :153300631, Judul Skripsi :Pesan Dakwah Kepada Remaja Penggemar K-pop Melalui Sosial Media Instagram (Pada Akun @Fuadbakh). Fakultas Dakwah, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Tahun 2020 Setiap orang muslim memiliki kewajiban untuk berdakwah baik sekecil apapun dakwah itu, Banyak cara untuk menyampaikan dakwah tersebut. Tidak hanya melalui mimbar ke mimbar melainkan seiring berjalanya waktu dan zaman dakwah bisa pula dilakukan melalui layar. contoh berdakawah melalui layar ialah yang di lakukan oleh akun @Fuadbakh. Beliau begitu aktif dan kreatif mengemas konten video yang bertema K-pop. Beliau bertujuan agar pesan makna yang ingin beliau sampaikan bisa diterima dengan mudah oleh kalangan remaja penggemar K-pop. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut, 1). Pesan dakwah apa saja yang disampaikan akun @Fuadbakh kepada penggemar K-pop?.2). Bagaimana efek pesan dakwah akun @Fuadbakh pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten penggemar K-pop?. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara, Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dakwah melalui sosial media Instagram yang dilakukan oleh akun @Fuadbakh. 1. Penyampaian pesan dakwah yang berisikan tentang pesan akidah, syariat, muamalah nikah, yang dikemas menarik oleh akun @Fuadbakh agar pesan dan makna yang ingin di sampaikan difahami oleh penggemar K-pop, 2. Efek pesan dakwah yang dilakukan @Fuadbakh kepada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Banten terlihat sangat efektif dari subyek mahasiswa yang di teliti dua dintaranya mengalami efek kognitif, lima diantara mereka menerima efek afektif dan satu diantara mereka mengalami efek behavioral.