Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang)
ctrlnum |
5890 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang)</title><creator>Anggreani, Devi</creator><subject>2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><description>Devi Anggraeni. 161240072. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepasifan siswa ketika proses pembelajaran, serta guru kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran dan guru hanya menggunakan alat peraga yang terdapat didalam kelas saja. Sehingga pembelajaran itu kurang inovatif, siswa kurang semangat dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang gaya melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu observasi, perencanaan, tindakan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 55%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%.</description><date>2020-11-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/2/2.%20LAMPIRAN%20EPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/6/Bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5890/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Anggreani, Devi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>5890</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Anggreani, Devi |
title |
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang) |
publishDate |
2020 |
topic |
2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
url |
http://repository.uinbanten.ac.id/5890/1/1.%20COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/2/2.%20LAMPIRAN%20EPAN.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/6/Bab%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5890/ |
contents |
Devi Anggraeni. 161240072. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Materi Gaya Pada Mata Pelajaran IPA (PTK di Kelas IV SDN Cibugel 2 Kec. Cisoka Kab. Tangerang).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepasifan siswa ketika proses pembelajaran, serta guru kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran dan guru hanya menggunakan alat peraga yang terdapat didalam kelas saja. Sehingga pembelajaran itu kurang inovatif, siswa kurang semangat dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang gaya melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu observasi, perencanaan, tindakan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 55%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. |
id |
IOS3645.5890 |
institution |
IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
institution_id |
609 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
library_id |
672 |
collection |
Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten |
repository_id |
3645 |
subject_area |
Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam Islamic History/Sejarah Islam Tafsir Al-Qur'an |
city |
SERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS3645 |
first_indexed |
2020-11-28T18:44:07Z |
last_indexed |
2020-11-28T18:44:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765163644092416000 |
score |
17.538404 |