PEMBIASAAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM SEKOLAH DI TK IT AFTA
Main Author: | Rohaeni, Rohaeni |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/5887/7/Halaman%20Awal.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5887/1/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5887/2/BAB%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5887/3/BAB%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5887/4/BAB%20IV.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5887/5/BAB%20V.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5887/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/5887/ |
Daftar Isi:
- Rohaeni. NIM 161260036. 2020. Pembiasaan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Program Sekolah Di TK IT Afta. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya anak yang belum terbiasa dalam pembiasaan nilai-nilai agama dan moral yang sudah di programkan oleh sekolah dan diimplemtasikan oleh guru. Sehingga guru harus lebih memahami perilaku anak dan guru harus mempunyai sikap tegas dalam membiasakan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui program sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui program sekolah, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui program sekolah di TK IT Afta Walantaka. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui program sekolah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui program sekolah di TK IT Afta Walantaka. Dan manfaatnya adalah untuk menambah wawasan khasanah keilmuan dalam pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui program sekolah di TK IT Afta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru, anak dan orang tua anak. Teknis analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, penyaian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini melalui program sekolah di TK IT Afta Walantaka sudah baik, akan tetapi kurang efektif, karena guru kurang tegas dalam menyikapi anak yang tidak mau mengikuti kegiatan tersebut. sebaiknya guru meningkatkan kembali dalam pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini, agar anak terbiasa dan ingin melakukan kegiatan tersebut dengan senang hati tanpa adanya paksaan. Simpulannya yaitu strategi yang diberikan oleh guru kepada anak masih kurang menarik sehingga menyebabkan anak merasa bosan dan guru sebaiknya mengikuti pembinaan dan pelatihan seminar untuk dikembangkan kemampuannya dalam meningkatkan pembiasaan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini di TK IT Afta.