EKSISTENSI MEDIA CETAK DI KALANGAN GEN-Z(Studi Kasus Pada Rubrik Zetizen Harian Radar Banten)
Main Author: | HERNAWATI, TINA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/546/1/COVER.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/546/2/1%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/546/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/546/4/bab%20II.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/546/5/bab%20III.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/546/6/bab%20IIv.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/546/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi yang menjadi penunjang terjadinya proses komunikasi massa pada era globalisasi ini sangat berperan penting. Penyebaran informasi semakin dimudahkan dengan kehadiran media-media elektronik seperti radio, televisi dan yang lebih menarik perhatian lagi adalah dengan kehadiran media yang bahkan mengikuti perkembangan teknnologi seperti internet. Namun ditengah fenomena teknologi yang semakin canggih seperti ini, kemudian muncul media cetak yaitu koran yang bernama Zetizen. Media cetak ini mengedepakan berita dan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia “anak muda”. Zetizen ini mampu membuktikan bahwa media cetak seperti koran juga masih dapat eksis ditengah fenomena teknologi yang semakin canggih. Selain itu, Zetizen juga mampu menarik perhatian sebagian besar anak muda yang disebut juga dengan generasi z (iGeneration). Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana teknik pengumpulan berita pada Rubrik Zetizen?, 2) Bagaimana eksistensi rubrik Zetizen?, 3) Seperti apa pengaruh dan efek rubrik Zetizen? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana teknik pengumpulan berita pada Rubrik Zetizen 2) Bagaimana eksistensi rubrik Zetizen, 3) Seperti apa pengaruh dan efek rubrik Zetizen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan format desain deskriptif analisi, yaitu dengan menggunakan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan, teknik pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: teknik pengumpulan berita pada rubrik Zetizen ini ada 3 tahap, yaitu rapat proyeksi yang dilakukan satu kali dalam satu minggu pada hari sabtu, observasi lapangan atau terjun langsung ke tempat yang akan dijadikan sebagai bahan liputan, dan kemudian menentukan narasumber. Untuk mempertahankan eksistensi Zetizen sebagai rubrik yang berbasis anak muda, dilakukan cara-caraseperti pergantian nama, pengolahan konsep yang lebih menarik, serta penggunaan media sosial agarlebih menarik minat baca kalangan generasi z. Pengaruh atau efek yang ditimbulkan oleh rubrik Zetizen ini meliputi: efek kognitif yang mempengaruhi pikiran dan tingkat pengetahuan dari sebuah media (komunikator) kepada generasi z (komunikan), kemudian efek afektif yang melibatkan perasaan yaitu rasa untuk menyukai membaca koran tersebut, dan yang terakhir adalah efek konatif atau behavioral, efek ini berkaitan dengan niat atau usahaseseorang sehingga mempengaruhi perilaku dan tindakan orang tersebut.