PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Eksperimen di SMA Negeri 3 Kota Serang)
Daftar Isi:
- Jufriah. 142101838. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Kota Serang, untuk mengetahui hasil belajar PAI dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples di SMA Negeri 3 Kota Serang, dan untuk mengetahui tingkat pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode quasi eksperimental di kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Perhitungan instrumen dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas dan uji t menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: model pembelajaran examples non examples berpusat pada siswa, sehingga siswa mampu menganalisis gambar pada saat proses pembelajaran Berdasarkan perhitungan hipotesis dengan menggunakan regresi linear menunjukkan ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan setelah diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t, nilai tHitung sebelum diberi perlakuan lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 0.05 yaitu 43.806 lebih besar dari ttabel 1.683. Sedangkan setelah diberi perlakuan tHitung jauh lebih besar dari pada nilai ttabel pada taraf signifikan 0.05 yaitu 76.420 lebih besar dari ttabel 1.683 dengan ini H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya kelas eksperimen naik tiga kali lipat dibandingkan kelas kontrol. Hal ini berarti ada pengaruh yang erat antara model pemebelajaran examples non examples dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X IPS 4, karena menunjukkan nilai rata-rata setelah perlakuan di kelas eksperimen 84.88 sedangkan nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 62.50.