Daftar Isi:
  • Nama : Siti Amal, NIM : 152600001, Judul Skripsi : Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kartu Huruf Hijaiyah (di TK Ihsaniyah Kota Serang) Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pembelajaran ilmu agama yakni mengenal huruf hijaiyah pada anak sejak usia dini. Tujuannya yaitu pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di TK Ihsaniyah dapat maksimal sehingga kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah dapat berkembang dengan baik, pengenalan huruf hijaiyah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan, adapun media yang digunakan yaitu kartu huruf hijaiyah. TK Ihsaniyah menunjukkan adanya perbedaan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah, ada yang kemampuan mengenal huruf hijaiyahnya sudah baik, ada yang hanya mampu menghafal hurufnya, namun ketika dipraktekkan belum bisa membedakan bentuk hurufnya, pelafalannya belum jelas dan ada pula anak yang masih tertukar dalam menyebutkan huruf-huruf hijaiyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini anak dapat mengenal huruf hijaiyah. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 5 orang, yang terdiri 2 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Lokasi yang digunakan dalam penelitian adalah TK Ihsaniyah Kota Serang.