ctrlnum 5215
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/</relation><title>Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Penelitian di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang)</title><creator>Rumiati, Fatin Ari</creator><subject>2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam</subject><subject>2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak</subject><description>Fatin Ari Rumiati. NIM 152600022. 2019. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Penelitian di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang)&#xD; &#xD; Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya anak yang belum menerapkan karakter yang diimplementasikan oleh guru, masih banyak beberapa anak yang mengganggu teman, tidak berbagi kepada teman, dan guru harus lebih memahami dan meningkatkan karakter.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru dalam membentuk karakter, bagaimana karakter anak usia dini di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang. Tujuan pene;itian ini adalah: untuk mengetahui peran guru dalam membentuk 7 karakter anak usia dini, untuk mengetahui karakter anak usia dini di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen kabupaten. Serang. Dan manfaatnya yaitu memberikan kontribusi ilmiah terhadap ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan pendidikan karakter anak usia dini.&#xD; Metode penelitian yamh digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif karena data yang dikumpulkan berupa dokumentasi gambar, kata-kata bukan dengan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru dan orang tua anak.&#xD; Teknik analisis data dalam penelitian ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data kesimpulan adapun hasil penelitian ini mengungkapkan dua temuan yaitu: peran guru dalam membentuk anak lebih baik, namun guru masih kurang dalam meningkatkan dan menerapkan karakter pada anak usia dini, memberikan contoh kepada anak yang baik di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang sudah diterapkan namun masih ada beberapa anak yang belum mampu menetapkan yang baik pada dirinya.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti terdahulu membahas gambaran umum tentang peran guru dalam membentuk karakter anak yaitu ketika datang kesekolah mereka membuka sepatu terlebih dahulu dan merapihkannya kembali. Gurupun menerapkan karakter pada anak tentang kedisiplinan waktu datang kesekolah.&#xD; Simpulannya yaitu kegiatan pembiasaan dilakukan dengan tujuan umtuk membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik, karena masih ada beberapa anak yang memiliki sifat kurang baik.</description><date>2020-03-11</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/2/bagian%20depan%20skripsi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/5/BAB%20%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc</rights><identifier>http://repository.uinbanten.ac.id/5215/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20Fathin.pdf</identifier><identifier> Rumiati, Fatin Ari (2020) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Penelitian di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN. </identifier><recordID>5215</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rumiati, Fatin Ari
title Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Penelitian di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang)
publishDate 2020
topic 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal
taman kanak-kanak
url http://repository.uinbanten.ac.id/5215/1/COVER.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/2/bagian%20depan%20skripsi.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/5/BAB%20%20III.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20Fathin.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/5215/
contents Fatin Ari Rumiati. NIM 152600022. 2019. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Penelitian di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang) Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya anak yang belum menerapkan karakter yang diimplementasikan oleh guru, masih banyak beberapa anak yang mengganggu teman, tidak berbagi kepada teman, dan guru harus lebih memahami dan meningkatkan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru dalam membentuk karakter, bagaimana karakter anak usia dini di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang. Tujuan pene;itian ini adalah: untuk mengetahui peran guru dalam membentuk 7 karakter anak usia dini, untuk mengetahui karakter anak usia dini di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen kabupaten. Serang. Dan manfaatnya yaitu memberikan kontribusi ilmiah terhadap ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan pendidikan karakter anak usia dini. Metode penelitian yamh digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif karena data yang dikumpulkan berupa dokumentasi gambar, kata-kata bukan dengan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah guru dan orang tua anak. Teknik analisis data dalam penelitian ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data kesimpulan adapun hasil penelitian ini mengungkapkan dua temuan yaitu: peran guru dalam membentuk anak lebih baik, namun guru masih kurang dalam meningkatkan dan menerapkan karakter pada anak usia dini, memberikan contoh kepada anak yang baik di TK PGRI Mekar Kecamatan. Kasemen Kabupaten. Serang sudah diterapkan namun masih ada beberapa anak yang belum mampu menetapkan yang baik pada dirinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti terdahulu membahas gambaran umum tentang peran guru dalam membentuk karakter anak yaitu ketika datang kesekolah mereka membuka sepatu terlebih dahulu dan merapihkannya kembali. Gurupun menerapkan karakter pada anak tentang kedisiplinan waktu datang kesekolah. Simpulannya yaitu kegiatan pembiasaan dilakukan dengan tujuan umtuk membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik, karena masih ada beberapa anak yang memiliki sifat kurang baik.
id IOS3645.5215
institution IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
institution_id 609
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
library_id 672
collection Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
repository_id 3645
subject_area Islamic Religious Education/Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Islamic History/Sejarah Islam
Tafsir Al-Qur'an
city SERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS3645
first_indexed 2020-03-22T01:37:58Z
last_indexed 2020-08-02T05:19:26Z
recordtype dc
_version_ 1765163639321395200
score 17.538404