PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA INDUSTRI 4.0 DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA (Studi di SMPN 06 Kota Serang)
Daftar Isi:
- Nama: Rifki, NIM: 152102032 Judul Skripsi PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA INDUSTRI 4.0 DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA (Studi di SMPN 06 Kota Serang) Tugas guru Pendidikan Agama Islam bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya, akan tetapi harus mampu membentuk pribadi siswa sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam terutama di era Industri 4.0 ini. Tidak hanya membentuk akhlak baik siswa, namun juga membinanya menjadi individu yang berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam di era industri 4.0 dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 06 Kota Serang, dan untuk mengetahui sejauh mana peran guru pendidikan agama Islam serta perilaku siswa di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan November 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif.Ketekunan pengamatan dan tringulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMPN 06 Kota Serang diantaranya adalah: memberikan keteladanan bagi siswa, pembiasaan mengucapkan salam, mengajak siswa untuk shalat berjamaah, shalat Dhuha, tadarus Al-Qur’an dan do’a bersama, menjaga kebersihan, disamping itu pula memberikan teguran kepada siswa yang melakukan prilaku yang kurang baik dan terus berusaha memotivasi siswanya untuk berakhlak mulia. Prilaku siswa di SMPN 06 Kota Serang merupakan cerminan kepala sekolah, guru, warga sekolah yang memberikan contoh dan keteladanan. Prilaku siswa berdasarkan enam aspek yaitu: akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada diri sindiri, akhlak kepada orang tua, akhlak kepada guru, akhlak kepada teman, melanggar tata tertib