Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence (Kalimat Kunci) Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Cilegon)
Daftar Isi:
- Nama: Amirotul Luthfiah, NIM: 15210154, Judul skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence (Kalimat Kunci) Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Cilegon). Latar belakang dalam penelitian ini kurang adanya interaksi antara guru dan siswa sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya interaksi dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti metode pembelajaran yang kurang membuat siswa aktif dalam prosess pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, model ini mengikutsertakan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, karena dengan siswa ikut berperan aktif maka siswa akan merasakan pembelajaran yang lebih bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 3 Kota Cilegon? Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 3 Kota Cilegon? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Negeri 3 Kota Cilegon dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kota Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran Concept Sentence terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat baik dengan nilai t lebih besar dari hitung , 1,988 ≥1,671, sehingga dapat diartikan bahwa setelah perlakuan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Concept Sentence lebih tinggi atau lebih baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Concept Sentence terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam