Daftar Isi:
  • Sebuah produk yang dipasarkan di masyarakat luas tidak terlepas dari kegiatan promosi dan iklan. Hal yang wajar jika potongan harga menjadi fokus semua produsen, mengingat potongan harga merupakan salah satu strategi yang sangat cocok dalam marketing, promosi dan potongan harga juga dapat mempengaruhi konsumen agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk-produk yang dihasilkan atau ditawarkan. Dari latar belakang diatas maka penulis dapat merumuskan masalah dalam skripsi ini sebagai berikut : 1) Seberapa besar pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Santri Pondok Pesantren At-Thabraniyyah dalam Pembelian? 2) Bagaiaman Perspektif Islam tentang Potongan Harga Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh potongan harga terhadap keputusan santri dalam pembelian 2) Untuk mengetahui bagaimanan perspektif Islam tentang potongan harga Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner dan wawancara dengan responden dan pihak pengurus Pondok Pesantren At-Thabraniyyah Serang, dengan jumlah responden yang mengisi kuisioner sebanyak 60 orang, dan menggunakan uji Koefisien Determinasi untuk mengukur seberapa besar pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y. Dari hasil penelitian dengan Sotware SPSS versi 16.0, didapatkan hasil koefisien korelasi ( R ) = 0,814 menyatakan kekuatan hubungan antara Variabel Indipendent ( Potongan Harga ) terhadap Variebel Dependent ( Keputusan Santri dalam Pembelian Produk ) sebesar 81,4% yang artinya hubungan potongan harga memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keputusan santri dalam membeli. dan hasil nilai Koefisien determinasi (R2) adalah 0,662, atau ini berarti bahwa Potongan Harga mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pondok Pesantren At-Thabraniyyah sebesar 66,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh Variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.