UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEADS TOGETHER(NHT)PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SENTUL BALARAJA TANGERANG
Main Author: | ZAENUDIN, MUHAMAD |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinbanten.ac.id/506/1/DAFTAR%20ISI%20JAEY%20revisi%20ALL.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/506/2/SKRIPSI%20BAB%20I%20-%205.pdf http://repository.uinbanten.ac.id/506/ |
Daftar Isi:
- Pada mata pelajaran matematika, keterampilan prasyarat yang harus dikuasai siswa adalah hitung dasar yang meliputi: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Secara umum lemahnya kemampuan matematika, lebih k husus kemampuan prasyarat tersebut di atas disebabkan metode pembelajaran matematika yang membosankan yang berpusat pada guru dan berlangsung satu arah. Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas V, nilai hasil belajar matematika masih sangat rendah. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan prasyarat tersebut, sebab setiap materi pembelajaran matematika menuntut kemampuan itu terutama operasi hitung pecahan. Sehubungan dengan itu maka diadakan penelitian tindakan dengan menerapkan model pembelajaran cooperatif metode Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana keaktifan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar matematika siswa pada operasi hitung pecahan dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) di Kelas V SD Negeri Sentul Balaraja Tangerang . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa, aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan hasil belajar siswa berupa kemampuan operasi hitung perkalian di kelas V SD Negeri Sentul B alaraja Tangerang . Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian menggunakan tes, pedoman observasi dan catatan lapangan. Data diperoleh dari subyek penelitian, siswa sebanyak 21 orang . Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I : 2,53 meningkat pada siklus II menjadi 3,06. Aktivitas pembelajaran guru skor pada siklus I : 2,98 meningkat pada siklus II menjadi 3,30. Begitu juga dengan hasil belajar s iswa pada operasi hitung perkalian, nilai rata - rata 54,29 pada tes awal meningkat menjadi 64,05 pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II menjadi 70,95. Sedangkan jika dilihat dari ketuntasan belajar berdasarkan KKM peningkat annya adalah 33.33 % pada t es awal, meningkat menjadi 85.71 % pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 95.24 %. Sehubungan dengan hal tersebut, maka metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar matematika pada operasi hi tung pecahan.