PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (StudiEksperimen di MTsN 3 Pandeglang)

Main Author: FATONAH, SITI
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinbanten.ac.id/505/1/cover.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/505/2/ABSTRAK%20BUNDA.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/505/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/505/4/BAB%20II%20BUN.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/505/5/BAB%20III%20REVISI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/505/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/505/7/DAPUS%20REVISI.pdf
http://repository.uinbanten.ac.id/505/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII A di MTsN 3 Pandeglang. Hal ini dikarenakan pemilihan model pembelajaraan yang kurang tepat. Numbered Head Together atau penomoran berfikir bersama merupakan jenis pembelajaran kooperative yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk aktif bila di terapkan di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI sebelum m enggunakan mode l pembelajaran numbered head toget he r di MTsN 3 Pandeglang? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran n umber ed h ead t ogether terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN 3 Pandeglang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI sebelum meng gunakan model pembelajaran numbered head t ogether.di MTsN 3 Pandeglang 2) Untuk mengetah ui pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebuday aan islam di MTsN 3 Pandeglang. Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah 1) Kegunaan teoritis 2) Kegunaan praktis. Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Pandeglang dengan jumlah sampel 42 orang dari populasi 213 orang. Populsi d iambil dari keseluruhan siswa kelas VII MTsN 3 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data angket. Hasil penelitian ini diketahui t_hitung 2,548 lebih besar dibandingkan dengan nilai t_tabel denga n taraf signifikansi 5% adalah 1,68288. Sebagaimana ketentuan dari rumusan uji hipotesis, jika nilai t hitung > t tabel, maka dalam penelitian pengaruh model pembelajaran numbered head together terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI Hipot esis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran numbered head together mempunyai pengaruh terhadap keaktifan belajar SKI siswa.