PENGARUH PENGGUNAAN BONEKA TONGKAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG (SIKANCIL, TIKUS DAN HARIMAU) (Pre Exsperimen di kelas III MI A l-Khairiyah Darussalam Pipitan, Kec. Walantaka, Kota. Serang)
Daftar Isi:
- Nama : Alfiyan Elya Safitri, NIM: 152400788, Judul Skripsi : “Pengaruh Penggunaan Boneka Tongkat Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menyimak Dongeng (Sikancil, Tikus, dan Harimau)”. (Free-Eksperiment di kelas III Mi Al-Khairiyah Darussalam Pipitan Kec. Walantaka Kota. Serang) Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kemampuan menyimak siswa MI AL-Khairiyah pipitan yang masih rendah, hal ini dikarenakan saat pembelajaran menyimak berlangsung siswa cenderung lebih banyak asyik mengobrol dan bermain dengan teman sebangkunya dari pada menyimak penjelasan yang sedang dipaparkan oleh guru. penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pengaruh penggunaan media boneka tongkat terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan menyimak dongeng. Metode penelitian menggunakan pre-eksperimen dengan desain one grup pretest posttest sampel penelitian sebanyak 25 peserta didik dengan menggunakan nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui tes objektif sebanyak 6 item yang sudah divalidasi. Pembelajaran menggunakan media boneka tongkat mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 90 sedangkan proses pembelajaran yang tidak menggunakan media boneka tongkat mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata 50,4. Kemudian dianalisis pengujian statistic dengan menggunakan uji t karena sampel yang digunakan adalah sampel kecil yang masih berhubungan dan diperoleh nilai t sebesar 19, 606 lebih besar dari t tabel sebesar 1,711. Artinya, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media boneka tongkat berpengaruh terhadap kemampuan menyimak dongeng Kata kunci : media boneka tongkat, kemampuan menyimak.