Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SMK 17 dan SMK Al-A’raaf kota Cilegon, Tujuan penelitian untuk: 1) Mengetahui bagaimana tingkat kenakalan remaja 2) Mengetahui bagaimana perencanaan Implementasi Konsep Psikologi Kepribadian Islam pada pembelajaran PAI 3) Mengetahui bagaimana langkah-langkah pelaksanaan implementasi konsep psikologi kepribadian Islam pada pembelajaran PAI 4) Mengetahui hambatan apa yang ditemui pada implementasi Konsep Psikologi Kepribadian Islam pada pembelajaran PAI dalam mengatasi kenakalan remaja. 5) Mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dan implementasinya Konsep Psikologi Kepribadian Islam pada pembelajaran PAI dalam mengatasi kenakalan remaja. 6) Mengetahui bagaimana keberhasilan implementasi Konsep Psikologi Kepribadian Islam pada pembelajaran PAI dalam mengatasi kenakalan remaja di SMK 17 Cilegon dan SMK Al-A’raf kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Peneliti menggunakan tiga macam teknik pengumpulan data, yaitu wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi, Sampel penelitian merupakan orang yang disengaja dipilih berdasarkan purfose sampling, yaitu relevan dengan sumber data atau informasi dan mempunyai relevansinya dengan topik penelitian. Subyek penelitian adalah Kepala sekolah, Guru Pendidikan agama islam, Guru BK, wakasek kurikulum, wali murid dan siswa-siswi SMK 17 dan SMK Al-A’raaf, Hasil penelitian menunjukkan: 1). Tingkat kenakalan remaja di SMK 17 meliputi tidak masuk sekolah tanpa izin, membolos, dan tidak mengerjakan tugas. Sedangkan kenakalan remaja di SMK Al-A’raaf meliputi kurangnya kedisiplinan, kehadiran, bolos sekolah dan mencorat-coret meja. 2). Perencanaan implementasi konsep psikologi kepribadian Islam pada pembelajaran yaitu disesuaikan dengan rencana pembelajaran (RPP) yang dijabarkan dari silabus. Sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. 3) Langkah-langkah Pelaksanaan Implementasi Konsep Psikologi Kepribadian Islam Pada pembelajaran Pendidikan agama islam, yaitu mengupayakan materi kepada siswa harus sesuai dengan pokok-pokok ajaran Islam, kemudian memahami beberapa karakter siswa yang berbeda-beda. 4). Hambatan yang ditemui pada implementasi Konsep Psikologi Kepribadian Islam pada pembelajaran PAI dalam mengatasi kenakalan remaja, yaitu bahwa setiap kemampuan siswa berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang lambat, kurangnya pemahaman dan penerapan konsep psikologi kepribadian Islam dari Orang tua dan yang terakhir kurangnya sarana dan prasarana. 5). Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dan implementasinya Konsep Psikologi Kepribadian Islam pada pembelajaran PAI dalam mengatasi kenakalan remaja.Yaitu guru Pendidikan agama islam, guru BK dan orang tua bersinergi untuk memberikan motivasi serta dorongan kepada siswa yang melakukan kenakalan remaja, memberikan bimbingan dan pengawasan, serta mengembangkan kreatif pada siswa. 6). Keberhasilan Implementasi Konsep Psikologi Kepribadian Islam pada pembelajaran PAI dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di SMK 17 dan SMK Al-A’raaf kota Cilegon. Yaitu tidak terlepas dari peran orang tua, kepala sekolah, guru PAI dan lain sebagainya, sehingga menjadikan remaja sebagai teladan yang baik bagi bangsa dan negara, dunia maupun akhirat. Karenanya perlu sinergi semua pihak untuk mencapai keberhasilan implementasi konsep psikologi kepribadian islam pada pembelajaran Pendidikan agama islam.